Follow detikFinance
Senin, 05 Mar 2018 15:32 WIB

Rupiah Tertekan Dolar AS, Jokowi Ingatkan Para Menteri

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma/detikFinance Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan kepada seluruh pejabat kabinet kerja mengenai dinamika global, salah satunya nilai tukar yang memberikan dampak pada ekonomi nasional.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah belakangan ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal dalam sidang kabinet paripurnan di Istana Negara


Sidang kabinet paripurna ini membahas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2019 dan kapasitas fiskal 2019. Jokowi mengatakan yang perlu diantisipasi mulai dari pergerakan suku bunga dalam hal ini Fed Fund Rate (FFR), harga komoditas dunia, arus modal masuk dan keluar, serta nilai tukar.

"Sebelumnya saya ingin mengingatkan terkait pelaksanaan APBN 2018 maupun kerangka APBN 2019, agar diwaspadai, diantisipasi mengenai dinamika ekonomi dunia yang terus berubah sangat dinamis, baik yang berkaitan suku bunga, berkaitan komoditas, yang berkaitan dengan arus modal masuk, arus modal keluar, yang berkaitan dengan nilai tukar, karena itu semua dapat mempengaruhi ekonomi kita, pengaruhi daya saing kita, oleh sebab itu harus betul-betul diantisipasi," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/3/2018).


Jokowi juga mengingatkan tentang negara-negara tujuan ekspor Indonesia.

"Sudah saya sampaikan pada saat pertemuan dengan duta besar, bahwa kita harus mencari pasar alternatif untuk ekspor, non tradisional sehingga pasar kita semakin meluas," tambah dia.

Seperti diketahui, nilai tukar dolar terhadap rupiah saat ini masih terus tertekan hingga berada di kisaran Rp 13.750. Dalam kurun waktu lima hari terakhir, dolar yang sempat mencatat pelemahan di angka Rp 13.288 pada Kamis 1 Maret 2018, sampai hari ini terus merangkak naik hingga parkir di angka Rp 13.755 siang ini.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed