Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Mar 2018 16:29 WIB

Cara Bank Mega Syariah Cegah Nasabah Kena Kejahatan Skimming

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Bank Mega Syariah (Foto: Jefris Santama/detikcom) Bank Mega Syariah (Foto: Jefris Santama/detikcom)
Jakarta - Beberapa hari lalu dunia perbankan kembali dilanda kasus skimming atau pembobolan data nasabah yang mengakibatkan nilai tabungannya berkurang secara misterius atau dicuri.

Presiden Komisioner Bank Mega Syariah, Mohammad Nuh menjelaskan, pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut dengan pengamanan dari segi pelayanan sampai perawatan ATM Bank Mega Syariah.

"Lokasi ATM Bank Mega Syariah itu kita pilih lokasi yabg aman karena seluruh ATM Bank Syariah itu nggak ada di luar pengawasan. ATM nya gak ada di kantor cabang, semua di kantor cabang diawasi security. Nggak mungkin ada alat skimming, ATM bank mega juga ada di mall yang juga keamanannya terjamin hal itu untuk meminimalisir terjadinya skimming," kata dia di Gedung Menara Bank Mega Syariah, Rabu (21/3/2018).


Selain itu keamanan dari segi kamera juga dipasang pihaknya untuk mengawasi setiap transaksi atau aktivitas yang mencurigakan.

"Di setiap teknologi apapun pasti ada penyakit kelemahan sehingga kalau orang menciptakan teknologi layanan harus diseimbangkan dengan anti virusnya dan itu terus begitu tingkat ilmu kejahatannya makin tinggi begitu ini naik sistem proteksi," jelas dia.


Dirinya menjelaskan selain kamera dan fasilitas standar, perawatan terhadap ATM Bank Mega Syariah juga dilakukan setiap bulan. Hal tersebut juga akan meminimalisir terjadinya pembobolan tabungan melalui sistemnya scan kartu ATM serta pembobolan tabungan nasabah atau skimming.

"Iya setiap bulan pasti ada perawatan," kata dia.

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed