Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Mar 2018 12:01 WIB

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ghazali Dasuqi Foto: Ghazali Dasuqi
Jakarta - Pencurian uang di rekening nasabah masih terjadi di Indonesia. Dari modus skimming hingga modus tradisional yang mengintip PIN hingga menukar kartu juga masih terjadi.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso Liem memberikan tips supaya terhindar dari aksi pencurian tersebut. Dia menjelaskan, ketika bertransaksi di mesin ATM pastikan setiap mengetik Nomor PIN agar ditutup dengan tangan.

"Ini untuk melindungi supaya tidak ada orang di samping atau di belakang yang melihat PIN yang ditekan oleh anda," kata Santoso saat dihubungi detikFinance, Kamis (29/3/2018).


Dia menjelaskan, selalu hubungi call center resmi Halo BCA 1500888 di depan mesin ATM yang bermasalah. "Biasanya orang yang menjebak kartu kita atau card trapping ini tidak jauh dari mesin ATM, jadi nasabah harus waspada juga," ujar dia.

Selain itu, untuk nasabah BCA ada cara baru yang mudah, yakni mendaftar MBCA dan mendownload di smartphone anda. Di aplikasi tersebut, nasabah bisa memblokir kartu yang hilang atau kartu yang terjebak.

"Sehingga jika sudah diblokir maka bisa lebih aman. Tapi pastikan juga rekening MBCA dan kartu ATM sama ya," ujar dia.


Selain nasabah, BCA juga rutin mengisi uang dan memaintenance seperti pemeriksaan dan pembersihan mesin ATM. Kemudian, tim 'bersih-bersih' mesin ATM juga akan melakukan pemeriksaan sejumlah fungsi dan bentuk apakah ada yang aneh di mesin tersebut.

Analyst Digital Forensic Ruby Alamsyah mengungkapkan, untuk mencegah kejadian ini kewaspadaan nasabah harus ditingkatkan. Pasalnya modus mengganjal tusuk gigi ini adalah modus pencurian murni karena digunakan tanpa teknologi yang canggih. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com