Follow detikFinance
Rabu, 11 Apr 2018 17:14 WIB

Bank BUMN dan Lembaga Pemerintah Mau Beri Modal ke Bank Muamalat

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Danang Sugianto-detikFinance Foto: Danang Sugianto-detikFinance
Jakarta - Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan modal yang dihadapi PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Selain Bank BUMN, suntikan modal untuk bank syariah pertama di Indonesia juga bisa dari lembaga pemerintah.

"Ya bisa lewat bank BUMN, bisa lewat lembaga pemerintah, Sudah ada yang sounding," kata Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/4/2018).


Permana mengaku, sudah menjalin komunikasi dengan para petinggi bank BUMN, maupun pemegang sahamnya. Jika memang benar bank BUMN berminat, maka skemanya pun bisa langsung melalui induk usahanya maupun masuk lewat skema rights issue.

"Kalau mereka bisa langsung, mekanisme bisa lewat induknya, kemudian mereka masuk langsung ke rights issues, bisa langsung seperti itu. Pembicaraan sudah ada, dari BUMN, dengan induk, dengan pemegang saham juga sudah, mudah-mudahan bisa segera direalisasikan," ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya membuka peluang untuk semua investor yang benar-benar niat untuk membantu permodalan Bank Muamalat, termasuk kepada BUMN.

Hanya saja, OJK belum menindaklanjuti komitmen para investor tersebut.

"Semua opsi bisa saja terjadi, nah tapi kalau belum ada surat mau ngomong apa. Ibaratnya nikah kan harus ada suratnya dulu, kalau belum ada surat jangan ngomong," kata Wimboh.


Wimboh berharap penyelesaian permodalan Bank Muamalat dapat segera terselesaikan dalam waktu dekat. Apalagi, masalahnya hanya untuk penguatan modal.

Mengenai dana yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 4,5 triliun. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk penguatan permodalan dan ekspansi bisnis.

Awalnya PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk (PADI) paling siap memenuhi dana Rp 4,5 triliun, namun hal itu batal terlaksana. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed