Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 19:49 WIB

Survei BI: Bunga Kredit Bank Turun di Kuartal II-2018

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan suku bunga kredit perbankan diprediksi masih mengalami penurunan pada kuartal II-2018. Dari data survei perbankan Indonesia, suku bunga kredit modal kerja (KMK) diperkirakan turun 3 basis poin (bps) menjadi 11,78%.

Kemudian untuk bunga kredit konsumsi secara rata-rata turun 8 bps menjadi 14,5%, sedangkan untuk kredit investasi naik 6 bps menjadi 12,28%. Namun untuk bunga kredit konsumsi terjadi kenaikan yakni 37 bps dan untuk kredit multiguna naik 2 bps, serta kredit tanpa agunan 1 bps.

Pada kuartal I-2018 pertumbuhan kredit baru melambat sesuai dengan pola penyaluran kredit pada awal tahun, namun lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.


Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pertumbuhan kredit baru sebesar 75,9% pada kuartal I-2018, lebih rendah dari 94,3% pada kuartal sebelumnya, sejalan dengan masih rendahnya kebutuhan pembiayaan nasabah di awal tahun. Namun, pertumbuhan kredit baru pada kuartal I-2018 tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan SBT pertumbuhan kredit baru kuartal I-2017 yang hanya sebesar 52,9%.

Pertumbuhan kuartalan kredit baru diperkirakan menguat pada kuartal II-2018 sebagaimana terindikasi dari SBT sebesar 93,1%. Menguatnya pertumbuhan kredit didukung oleh kebijakan penyaluran kredit yang lebih longgar, terutama pada aspek suku bunga kredit yang lebih rendah dan biaya persetujuan kredit yang lebih murah.

Hasil survei perbankan juga mengindikasikan tetap kuatnya optimisme terhadap peningkatan pertumbuhan kredit tahun 2018. Hal ini didukung oleh perkiraan kondisi ekonomi yang membaik di tahun ini.

"Optimisme tersebut didukung oleh perkiraan kondisi ekonomi tahun 2018 yang lebih baik dari tahun sebelumnya, penurunan suku bunga kredit, dan penurunan risiko penyaluran kredit," tulis survei BI dikutip, Selasa, (17/4/2018).


Untuk keseluruhan tahun 2018, pertumbuhan kredit diperkirakan mencapai 11,7% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan kredit tahun 2017 sebesar 8,2% (yoy).

Untuk dana pihak ketiga (DPK) diperkirakan tumbuh menguat dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal ini tercermin dari SBT pertumbuhan DPK sebesar 89,2%, lebih tinggi dibandingkan 60% pada kuartal I 2018. Pertumbuhan DPK diperkirakan terjadi pada tabungan dan deposito, sedangkan pertumbuhan giro diperkirakan melambat.

"Bank optimis pelayanan dan masih tingginya suku bunga deposito pada kuartal II akan menarik minat nasabah untuk menyimpan dana di bank," tulisnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed