Follow detikFinance
Jumat, 20 Apr 2018 20:18 WIB

Gaet Nasabah Baru Bank Syariah, OJK Gelar iB Vaganza

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Bandung - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan puluhan industri perbankan syariah menggelar iB Vaganza Bandung 2018. Pameran ini menargetkan bisa menjaring 3.000 nasabah baru perbankan syariah.

iB Vaganza dihelat selama tiga hari atau 20-22 April di Bandung Electronic Center (BEC), Jalan Purnawarman, Kota Bandung. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pameran produk dan jasa keuangan perbankan syariah.

Kepala OJK Regional 2 Jabar Sarwono mengatakan iB Vaganza merupakan salah satu strategi untuk mendekatkan masyarakat dengan industri perbankan syariah. Sehingga, sambung dia, publik memahami keunggulan produk dan jasa perbankan syariah.

Ia menjelaskan iB Vaganza dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti peluncuran produk keuangan syariah, talkshow edukasi dan sosialisasi produk dan layanan keuangan syariah.

"Kami kemas iB Vaganza dalam bentuk pameran ini untuk memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat untuk berinteraksi dengan industri perbankan syariah di Indonesia," kata Sarwono.

Dia menuturkan perkembangan perbankan syariah di Indonesia cukup menggembirakan. Berdasarkan data OJK per Februari 2018, menunjukkan total aset perbankan syariah secara nasional mencapai Rp 429,36 triliun dengan market share 5,80 persen.

Sementara di Jabar total aset industri perbankan syariah memiliki porsi lebih tinggi dari nasional yaitu sebesar 8,07 persen dengan nominal Rp 38,70 triliun. Data tersebut menunjukkan adanya potensi untuk menumbuhkan perbankan syariah di Jabar.

Menurut Sarwono, pemilihan Kota Bandung sebagai salah satu tuan rumah iB Vaganza sangat beralasan. Pasalnya, dia menjelaskan, Bandung merupakan kota metropolitan, juga termasuk pusat pendidikan, pariwisata dan perekonomian di Jabar.

"Harapannya dengan potensi yang dimiliki Jabar, industri perbankan syariah akan semakin tumbuh pesat dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," tuturnya.

Tahun 2018 iB Vaganza akan diselenggarakan di 5 kota yakni Malang, Bandung, Pekanbaru, Mataram, dan Jakarta. Rangkaian iB Vaganza di Bandung diikuti 20 industri perbankan syariah dan 2 industri keuangan non syariah.

"Pelaksanaan di Malang itu kami bisa menyerap 4.000 nasabah perbankan syariah baru. Ditargetkan untuk di Bandung ini sekitar 3.000 nasabah dengan harapan realisasinya lebih dari itu," ujar Sarwono.

BRI Syariah Tawarkan Saham

Sebagai salah satu industri perbankan syariah yang terlibat di iB Vaganza, BRI memanfaatkan momentum itu dengan menawarkan saham kepada masyarakat Bandung. Pembelian saham tersebut melalui salah satu joint lead underwriters (JLU).

Kepala Grup Dana dan Haji BRI Syariah Wijayanto mengatakan pihaknya akan memfasilitasi masyarakat yang berminat membeli saham BRI Syariah dengan membuka rekening dana nasabah (RDN) terlebih dahulu.

"Apabila telah memiliki RDN maka masyarakat bisa melakukan pemesanan saham secara langsung. Target kami lewat even ini mencapai 500 account dengan volume Rp 5 miliar," ucap Wijayanto (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed