Follow detikFinance
Sabtu, 09 Jun 2018 13:54 WIB

Hati-hati! SMS Penipuan Tawarkan Hadiah Umrah hingga Alphard

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pesan singkat (short message service/SMS) penipuan makin marak setelah tunjangan hari raya (THR) cair. SMS tersebut biasanya mencantumkan tautan laman yang berisi informasi hadiah.

Dari penelusuran detikFinance dari SMS yang dikirimkan ada website promoramadhan27.blogspot.com. Dalam laman tersebut terdapat foto-foto hadiah.

Untuk hadiah utama pemenang akan diberikan Toyota Alphard, kedua Toyota Yaris, ketiga paket umrah, uang tunai Rp 100 juta, Yamana N-Max, dan hadiah pulsa sebesar Rp 1 juta.


Namun jika dilihat dari syarat dan ketentuan banyak sekali keanehan-keanehan. Misalnya, syarat menyebutkan hadiah akan diantar langsung ke alamat pemenang melalui jasa penerbangan dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara dari Bandara Halim Perdanakusuma ke penerbangan terdekat di daerah pemenang.

Hadiah akan dikirimkan jika pemenang sudah melunasi biaya administrasi, balik nama STNK, dan BPKB. Untuk hadiah mobil, pemenang diminta membayar administrasi Rp 2,25 juta, untuk sepeda motor Rp 750.000, dan hadiah uang tunai Rp 500.000.

"Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan secara bersama, kami harapkan kerja samanya agar pemenang tidak terlalu menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat luas. Jangan sampai ada yang menghubungi kami mengaku-ngaku dari kalangan keluarga pemenang, bisa-bisa dananya jatuh kepada orang lain. Agar supaya tidak terjadi penggandaan dan pemalsuan pemenang, diharapkan agar anda bisa melaporkan Nomor PIN anda dengan benar, sesuai yang tertera dalam daftar pemenang, via telepon 082-3333-90-188.Sebagai Pelayanan konfirmasi," tulis pengumuman tersebut.

Masih percaya dengan penipuan seperti ini?

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed