Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Jul 2018 17:26 WIB

BI Terbitkan SBI Lagi, Kemenkeu: Semoga Tujuan Tercapai

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Kementerian Keuangan berharap langkah Bank Indonesia yang melelang Sertifikat Bank Indonesia (SBI) bisa mencapai tujuan intinya, yakni menarik dana asing ke pasar keuangan Indonesia.

Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Scenaider Siahaan mengatakan pihaknya pun akan memantau realisasi dari lelang tersebut.

"Nanti kita lihat lah bagaimana implementasinya. Moga-moga sesuai dengan tujuan yang dicapai," kata Scenaider di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/7/2018).



Berdasarkan pengumuman jadwal lelang operasi pasar terbuka (OPT), akan dilelang reverse repo SBN 1 Minggu, SBI 9 bulan, SBI 12 bulan, SBI syariah 9 bulan dan SBI syariah 12 bulang.

SBI adalah surat berharga yang dikeluarkan BI sebagai pengakuan utang berjangka dengan waktu pendek 1-3 bulan dengan sistem bunga. SBI adalah instrumen yang digunakan otoritas moneter untuk stabilisasi nilai tukar rupiah.

Scenaider mengungkapkan, reaktivasi SBI bisa menggairahkan pasar keuangan domestik di tengah hantaman ketidakpastian global.

"Artinya bisa narik dana dari asing, ya kita lihat lah moga-moga tercapai," ungkap dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed