Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Sep 2018 20:32 WIB

Kapan Waktu Tepat Buat Milenial Buka Dana Pensiun?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemarin menyindir generasi milenial untuk mengurangi jajan kopi. Lebih baik uang tersebut dimasukkan ke dana pensiun dan digunakan uangnya bisa digunakan pada hari tua.

Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk membuka dana pensiun?

Perencana keuangan Aidil Akbar menjelaskan untuk memiliki dana pensiun sebenarnya lebih cepat lebih baik. Sebelum membuka, ada baiknya ditargetkan berapa jumlah dana yang ingin dimiliki saat tua nanti.

"Tergantung mau uang pensiunnya berapa banyak. Lebih baik itu saat sudah memiliki gaji pertama, langsung dipikirkan kesejahteraan di hari tua," kata Aidil saat dihubungi detikFinance, Kamis (27/9/2018).


Dia menjelaskan, untuk jumlah iuran tergantung dari target uang pensiun yang diinginkan. Jika menginginkan hari tua sejahtera dan nyaman, maka iurang bisa lebih besar.

"Memang setiap orang itu jika membuka dana pensiun tidak bisa disamaratakan jumlah iurannya. Target setiap orang berbeda, misalnya saya mau punya uang pensiun Rp 5 miliar, ya beda jumlah iurannya," imbuh Aidil.

Menurut Aidil, memang tidak ada kata terlambat dalam membuka dana pensiun. Hanya saja, semakin cepat maka iuran bisa lebih ringan. Dia mencontohkan, orang A ingin memiliki uang pensiun Rp 2 miliar saat usia 55 tahun nanti saat ini usianya 25 tahun. Jumlah iuran akan berbeda dengan orang B yang berusia 35 tahun namun juga ingin memiliki uang pensiun Rp 2 miliar.

"Pasti akan berat lah yang baru mulai di usia 35 tahun, karena bedanya 10 tahun dengan yang usia 25 tahun. Memang semuanya tergantung keinginan berapa banyak uang yang dimiliki saat pensiun nanti," jelas dia.


Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho menjelaskan, untuk memiliki dana pensiun dan uang pensiun yang besar di hari tua nanti memang membutuhkan perjuangan.

Memang akan berat di awal, namun nanti saat pensiun hidup lebih terjamin.

"Kalau punya dana pensiun yang sudah sesuai target itu, kita bisa menikmati masa pensiun dan hari tua dengan tenang. Saat muda memang harus lebih bijak dalam menggunakan uang," jelas dia. (kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com