Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Okt 2018 20:44 WIB

Suntik Modal Bank Muamalat, Investor Mesti Siapkan Rp 4 Triliun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Danang Sugianto-detikFinance Foto: Danang Sugianto-detikFinance
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi persyaratan kepada investor yang ingin menyuntik modal ke PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Untuk menyuntik modal, investor mesti menyiapkan dana sebesar Rp 4 triliun.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, siapa saja boleh menjadi investor bank syariah tertua di Indonesia tersebut. Syaratnya, mesti menunjukkan kemampuan modal yang tercatat dalam rekening escrow.

"Harus menunjukkan punya uang yang ditunjukkan dalam escrow account," kata dia di Kantor Pusat OJK Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Dia mengatakan, adapun nominal dalam rekening tersebut setidaknya Rp 4 triliun.

"Berapa escrow account yang diperlukan? Sekitar Rp 4 triliun harus ditunjukkan di escrow account," tambahnya.


Setelah itu baru ke tahapan selanjutnya. Dia meminta pemegang saham pengendali mengirim surat resmi ke OJK.

"Kalau sudah ditunjukkan di escrow account barulah kita berbicara, baik yang akan jadi ketua atau anggota konsorsium, secara formal kirim surat dan yang kirim surat ini adalah pemegang saham pengendali (PSP) atau yang ditunjuk diberi hak PSP untuk mewakilinya," jelasnya.

"Bahwa ini sudah punya calon investor, investor sudah punya uang, ditunjukkan dalam escrow account barulah kita mulai. Surat formal ke otoritas harus ada, baru kita bicara serius. Nanti RUPS dan sebagainya kalau persyaratan sudah ada baru RUPS-lah, kalau escrow account belum ada bagaimana mau RUPS," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed