Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 13 Okt 2018 10:22 WIB

Momen Gubernur BI Bertemu Bos The Fed Bahas Ekonomi Global

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok. Bank Indonesia Foto: Dok. Bank Indonesia
Nusa Dua - Pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) World Bank sudah memasuki hari keenam. Di sela acara inti, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyempatkan diri berdiskusi dengan Chairman The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10).

Dalam obrolan tersebut, keduanya membahas tentang perkembangan ekonomi global dan normalisasi kebijakan moneter di negara maju serta membahas dampak normalisasi tersebut di negara berkembang.


Selain itu, Perry juga menjelaskan ketahanan perekonomian Indonesia menghadapi dampak rambatan ekonomi global didukung bauran kebijakan yang dilakukan BI bersama pemerintah.

Sebelumnya, Perry mengatakan bahwa saat ini Indonesia masih memiliki daya tahan yang baik dalam menyikapi kebijakan bank sentral AS dan kondisi ekonomi global.


Misalnya, Indonesia masih memiliki tingkat inflasi yang baik, serta stabilitas sistem keuangan yang terjaga. "Ada skenario kebijakan yang dilakukan Bank Indonesia adalah memastikan daya saing pasar keuangan Indonesia agar tetap menarik, dan agar defisit transaksi berjalan tetap terjaga," kata Perry.

Dia menyebutkan BI juga selalu hadir di pasar untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Pendalaman pasar keuangan juga terus dipercepat, agar pasar keuangan Indonesia semakin prospektif. Dalam usaha-usaha menjaga ekonomi Indonesia, BI tidak sendiri. Seluruh usaha tersebut dilakukan bekerja sama dengan instansi terkait, baik pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maupun lembaga lainnya.



Simak video Jokowi Sebut Ekonomi Negara Maju Layaknya Serial Game of Thrones

[Gambas:Video 20detik]

(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed