Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Des 2018 08:54 WIB

The Fed Naikkan Suku Bunga 0,25%

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. Reuters Foto: Dok. Reuters
Jakarta - Bank sentral Amerika Serikat (AS) the Federal Reserve akhirnya menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps). Namun the Fed menurunkan proyeksi kenaikan bunganya di masa depan.

Demikian dikutip detikFinance dari CNBC.com, Kamis (20/12/2018). Bank sentral menaikkan kisaran target suku bunganya menjadi 2,25%-2,5%. Hal ini menandai kenaikan yang keempat kalinya tahun ini atau yang kesembilan sejak bank sentral mulai melakukan normalisasi suku bunganya pada Desember 2015.



Namun demikian, para pejabat bank sentral memperkirakan hanya ada dua kali kenaikan bunga acuan lagi pada tahun depan atau lebih sedikit dari tiga kali yang diperkirakan sebelumnya. Namun, proyeksi tersebut tetap saja lebih banyak dari perkiraan pasar bahwa tidak akan ada lagi kenaikan di tahun depan.

Selain menunggu kepastian kisaran suku bunga, investor juga menanti arah kebijakan The Fed di kemudian hari. Sebelum pertemuan bulan Desember, Federal Open Market Committee (FOMC) telah mengindikasikan akan ada tiga kenaikan di 2019 dan kemungkinan satu lagi di 2020.

"Mungkin ini akan menjadi langkah sulit bagi The Fed untuk sepenuhnya menghapus beberapa proyeksi kenaikan di 2019, namun saya kira mereka mengirimkan pesan yang jelas bahwa mereka akan tetap bergantung pada data di 2019," kata Charlie Ripley, senior investment strategist di Allianz Investment Management.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com