Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Jan 2019 18:09 WIB

Ivanka Trump Berpotensi Jadi Presiden Bank Dunia

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Posisi Presiden Bank Dunia kini masih kosong setelah ditinggal oleh Jim Yong Kim yang mengundurkan diri kemarin. Ada salah satu nama yang disebut-sebut potensial menduduki posisi itu, yakni Ivanka Trump.

Melansir Australian Financial Review, Senin (14/1/2019), nama-nama lain yang juga masuk dalam daftar potensial adalah pejabat tinggi Departemen Keuangan AS David Malpass, Mantan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, dan Kepala Badan Pembangunan Internasional AS Mark Green.

Kim sendiri mundur setelah enam tahun memimpin bank yang berbasis di Washington. Dia dinominasikan untuk masa jabatan pertama dan kedua oleh Presiden Barack Obama.

Presiden Donald Trump juga diyakini memiliki pengaruh kuat dalam memilih penerus Jim Yong Kim. Sebab AS memegang saham pengendali hak suara Bank Dunia. Presiden bank secara tradisional adalah orang Amerika yang dipilih oleh pemerintah AS.


Seorang juru bicara Departemen Keuangan AS mengatakan bahwa mereka telah menerima sejumlah rekomendasi untuk kandidat Presiden Bank Dunia dan mulai proses peninjauan internal untuk menentukan pilihannya.

Ivanka Trump sendiri adalah penasihat untuk ayahnya Donald Trump. Dia fokus untuk. menggarap isu penciptaan lapangan kerja, pemberdayaan ekonomi, pengembangan tenaga kerja dan kewirausahaan. Dia menikah dengan Jared Kushner, yang juga penasihat Presiden Donald Trump.



Presiden Trump sendiri minggu ini menandatangani Undang-undang Kewirausahaan dan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, yang didukung Ivanka.

Sementara untuk posisi Presiden Bank Dunia saat ini diisi oleh Kristalina Georgieva untuk sementara waktu hingga akhirnya ditunjuk penerus yang sah. (das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com