Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Jan 2019 19:17 WIB

Waduh, Nilai Bitcoin Bisa Jadi Nol

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Getty Images Ilustrasi/Foto: Getty Images
Jakarta - Bitcoin harganya diprediksi akan merosot tajam bahkan ke posisi tak bernilai, atau nol. Mengutip CNBC, Jumat (25/1/2019), uang kripto ini bergerak sangat liar tahun lalu bahkan lebih dari US$ 480 miliar menguap begitu saja di bursa perdagangan bitcoin.

Sempat mencapai rekor tertinggi pada 2017, bitcoin yang merupakan mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. Pada Rabu, bitcoin tercatat US$ 3.571. Bahkan beberapa pengamat dan ahli meyakini jika uang digital ini bisa lebih rendah lagi.


Founder BCG Digital Ventures Jeff Schumacher sangat yakin jika Bitcoin akan mencapai level terendahnya tahun ini.

"Saya yakin nilainya bisa menjadi nol. Bitcoin memang teknologi yang hebat, tapi saya tidak percaya jika ia adalah mata uang, karena tidak ada dasarnya," kata Schumacher.

Schumacher merupakan investor besar di perusahaan yang menjalankan blockchain. Kemudian Chairman North Island Glenn Hutchins menjelaskan bitcoin di masa depan bisa saja menjadi sebuah media penyimpanan yang bernilai.

"Mungkin peran bitcoin bisa menjadi lebih bernilai, seperti anda memiliki token yang anda gunakan saat ini," imbuh dia.


CEO Ripple, Edith Yeung dan Brad Garlinghouse menjelaskan saat ini fokus investor tak lagi kepada uang kripto melainkan teknologi dasar yakni blockchain.

Blockchain adalah jantung bitcoin yang dikelola oleh orang yang menguasai jaringan khusus dan menjalankan kriptografi yang kompleks. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com