Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Jan 2019 22:00 WIB

Bank Mandiri Siapkan Rp 30 T untuk Akuisisi, Ini yang Dibidik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk tahun ini menyiapkan dana Rp 30 triliun untuk aksi korporasi. Dana tersebut akan digunakan untuk mengakuisisi bank menengah yang bergerak di bidang usaha kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan bank yang dibidik oleh perseroan adalah Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II dengan modal Rp 1 triliun - 5 triliun dan BUKU III dengan modal Rp 5 triliun- Rp 30 triliun.

"Modal kita sekarang 20%, jadi ada lebih 3-4%. Target kita kan 17% jadi 3% kira kira sebesar Rp 30 triliun," kata Tiko di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (28/1/2019).


Periode 2018 rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) perseroan tercatat 20,96%.

Untuk akuisisi, saat ini Bank Mandiri masih mencermati valuasi harga dari bank yang diincar. Menurut dia saat ini valuasi dari perbankan di Indonesia cukup tinggi karena banyak pihak asing yang sedang gencar berinvestasi di perbankan tanah air.

"Sekarang peminat asing kan banyak yang berminat. Kami masih lihat valuasinya," imbuh dia.


Periode 2018 kredit Rp 820,1 triliun tumbuh 12,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka ini terdiri dari kredit produktif di Bank Mandiri tercatat Rp 558,7 triliun atau 77,71% dari portofolio.

Kinerja ini pun berdampak pada kenaikan nilai aset konsolidasi perseroan menjadi Rp 1.202,3 triliun pada akhir tahun lalu. (kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed