Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Mar 2019 10:30 WIB

Mengintip Aktivitas Bank Terapung BRI Kebanggaan Warga Pulau Seribu

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Pradita Utama/detikcom Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta - Cuaca mendung yang menyelimuti Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta tak menurunkan semangat para staf PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk dan awak Kapal Bahtera Seva I mengarungi Laut Kepulauan Seribu. Mereka tahu banyak warga Kepulauan Seribu yang menunggu kedatangan kapal milik BRI ini untuk bertransaksi perbankan.

Kapal yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini beroperasi di tiga wilayah Kepulauan Seribu, Labuan Bajo, dan Halmahera Selatan. Untuk di Kepulauan Seribu, ada enam pulau yang jadi wilayah operasi, antara lain Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, Pulau Tidung, serta Pulau Untung Jawa.


Tim detikcom berkesempatan masuk dan mengikuti aktivitas 'bank terapung' Teras BRI Kapal Bahtera Seva I selama lima hari penuh di Kepulauan Seribu dengan total jarak tempuh 300 mil.

Perjalanan dimulai Senin (18/2/2019) dari Pelabuhan Kali Adem. Sekitar pukul 08.00 WIB, kapal sudah siap melaju ke destinasi pertama yakni Pulau Pramuka. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 2 jam.

Setelah mesin siap, nahkoda 'membawa' kapal ini menyusuri Laut Kepulauan Seribu. Beruntung cuaca membaik sehingga perjalanan lancar tanpa guncangan ombak yang bisa membuat mabuk laut.

Kapal Bahtera Seva I yang dibuat oleh PT Dumas ini merupakan tipe work boat dengan kelas Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Berkecepatan 13 knot dan memiliki daya mesin 2x715 HP, kapal Bahtera Seva I mampu menampung penumpang hingga 20 orang. Namun sehari-harinya kapal ini diisi oleh 5 ABK dan 7 staf BRI.

Layaknya bank di perkotaan, kapal Bahtera Seva I menghadirkan layanan perbankan seperti mesin ATM dan staf yang terdiri dari teller, customer service, dan mantri. Sebelum bersandar di dermaga Pulau Pramuka, staf BRI seperti customer service, teller, dan mantri terlebih dahulu berkas-berkas dan laptop di banking hall. Ruangan ini dibuat nyaman seperti disediakan AC dan beberapa kursi untuk nasabah menunggu antrean seperti di bank pada umumnya.

Polisi air dan udara serta mualim Teras BRI Kapal Bahtera Seva I memantau alur pelayaran di Laut Kepulauan Seribu Polisi air dan udara serta mualim Teras BRI Kapal Bahtera Seva I memantau alur pelayaran di Laut Kepulauan Seribu Foto: Pradita Utama/detikcom

Bergeser ke bagian tengah kapal tepatnya di bagian dapur, sang koki sedang meracik santapan siang. Menuju bagian depan kapal atau anjungan, terlihat nahkoda bersama mualim (perwira kapal berijazah pelayaran niaga nautika yang posisinya berada di bawah nahkoda). Ada pula polisi air dan udara (airud) yang tengah memantau lalu lintas.

Saat mendekati Pulau Pramuka, perjalanan sedikit terhambat karena ada perahu di jalur pelayaran, sementara sang nelayan yang sedang menyelam mencari ikan. "Itu di depan ada kapal nelayan, tolong dilihat," perintah nahkoda, Agus Aji Hindarto, ke mualim Widodo dan polisi airud Herdiansyah.

Kapal nelayan yang cukup banyak di alur pelayaran menyebabkan Kapal Bahtera Seva I harus memutar agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan. "Itu bahaya karena di dalam ada yang menyelam mencari kerang. Sebenarnya mereka nggak boleh karena ini di alur pelayaran. Kalau diterabas bahaya, nelayan yang menyelam bisa saja terkena baling-baling," kata Agus.


Sesampainya di sana sekitar pukul 10.00 WIB, staf Teras BRI Kapal bersiap-siap membuka banking hall. Tak lama kapal bersandar, beberapa warga Pulau Pramuka berdatangan ke kapal BRI Bahtera Seva I.

Apa saja yang warga Kepulauan Seribu lakukan di bank terapung Teras BRI Kapal Bahtera Seva I? Nantikan berita selanjutnya di Ekspedisi Bahtera Seva.

Mengintip Aktivitas Bank Terapung BRI Kebanggaan Warga Pulau Seribu
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed