Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Mar 2019 14:40 WIB

Arungi Laut, Bank Terapung Buka Layanan di Pulau Seribu

Raras Prawitaningrum - detikFinance
Teras BRI Kapal Bahtera Seva I/Foto: Pradita Utama/detikcom Teras BRI Kapal Bahtera Seva I/Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta - Bukan pemandangan langka bagi warga Kepulauan Seribu saat melihat kapal berwarna oranye dan biru bersandar seharian di dermaga. Itulah bank terapung milik BRI yang selalu ditunggu warga. Kapal yang dihadirkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, ini menjangkau Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Harapan, Pulau Tidung, serta Pulau Untung Jawa.

Di kapal yang diberi nama Bahtera Seva I, masyarakat berduyun-duyun mengantre untuk menikmati ragam layanan perbankan. Salah satu yang ikut menikmati layanan ini adalah Haridah (39), warga Pulau Panggang.


"Kapal Bank BRI ini memang membantu sekali. Kita nggak perlu jauh-jauh ke darat untuk menabung setiap minggunya. Kalau mau transfer juga gampang, ambil uang pun buat beli keperluan sehari-hari juga gampang. Nggak perlu menyeberang ke darat untuk menabung atau ke pulau lain untuk ke ATM kalau di sini lagi nggak beroperasi ATM-nya," kata Haridah kepada detikFinance, Selasa (19/2/2019) lalu.

Asisten Manager Pemasaran Mikro BRI, Purnomo Sidhi, mengungkapkan kehadiran Teras BRI Kapal Bahtera Seva I memang ditujukan untuk membantu perekonomian warga Kepulauan Seribu.

Warga Kepulauan Seribu mendapatkan layanan perbankan di Teras BRI Kapal Bahtera Seva IWarga Kepulauan Seribu mendapatkan layanan perbankan di Teras BRI Kapal Bahtera Seva I Foto: Pradita Utama/detikcom

"Jadi sebenarnya bukan mengejar keuntungan. Kapal Bank BRI ini hadir benar-benar untuk membantu warga Kepulauan Seribu yang sulit mengakses layanan perbankan. Di sini mereka bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus menyeberang ke darat. Bank BRI satu-satunya bank yang hadir di Kepulauan Seribu," katanya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan kehadiran Teras Kapal BRI Kapal Bahtera Seva I memang menunjang aktivitas perekonomian di Kepulauan Seribu.


"Bank BRI memang terkenal dengan banknya rakyat. Sekarang Bank BRI sudah menjangkau Kepulauan Seribu dengan kapalnya. Saya pikir itu bagus sehingga orang di Kepulauan Seribu bisa mengakses perbankan. Masyarakat bisa menyimpan, transfer, dan mendapatkan pinjaman karena aktivitas di Kepulauan Seribu sudah mulai bagus. Nelayan membawa hasil tangkapan dijual ke darat nggak perlu bawa uangnya, tapi bisa ditransfer," ujarnya.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva.



Arungi Laut, Bank Terapung Buka Layanan di Pulau Seribu
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed