Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Mar 2019 15:00 WIB

Warga Kepulauan Seribu Kini Lebih Mudah Nabung di Bank

Raras Prawitaningrum - detikFinance
Sania, pelajar SMAN 69 Pulau Pramuka membuka rekening SimPel di Teras BRI Kapal Bahtera Seva I (Foto: Pradita Utama/detikcom) Sania, pelajar SMAN 69 Pulau Pramuka membuka rekening SimPel di Teras BRI Kapal Bahtera Seva I (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Tinggal jauh dari keluarga demi mengemban pendidikan dilakukan oleh Sania. Pelajar kelas 11 SMAN 69 asal Pulau Kelapa ini harus menyebrangi lautan demi bisa sekolah di SMA negeri satu-satunya yang ada di Kepulauan Seribu, yakni di Pulau Pramuka.

Beruntungnya, ia tak perlu bolak-balik Pulau Kelapa-Pulau Pramuka setiap harinya. Pasalnya, SMAN 69 menyediakan asrama untuk pelajar yang berasal dari pulau lain sehingga tak perlu memakan waktu dan biaya transportasi untuk sekolah.

Sudah dua tahun, Sania tinggal di asrama putri yang letaknya di depan sekolahnya. "Di Kepulauan Seribu kan SMA-nya cuma satu, SMAN 69 ini. Saya sekolah di sini biar bisa kuliah di Jakarta juga," Sania saat ditemui di dermaga Pulau Pramuka, Senin (18/2/2019).

Kehadiran Sania di dermaga bukanlah tanpa alasan. Siang itu bersama teman-teman lainnya, ia membuka tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) di Teras BRI Kapal Bahtera Seva I sebagai langkah awal menggapai mimpinya.


"Saya sama teman-teman tadi buka rekening SimPel. Sebenarnya pas SMP saya sudah pernah bikin, tapi kan SMA beda sekolah, jadi bikin lagi. Rencananya buat tambah-tambah biaya kuliah. Saya ingin kuliah di UNJ (Universitas Negeri Jakarta) ambil jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Cita-cita saya jadi guru supaya anak Indonesia pintar-pintar," ungkapnya.

Dengan kehadiran Teras BRI Kapal Bahtera Seva I, Sania berharap bisa menabung dengan konsisten. Rencananya, ia akan menggunakan tabungan tersebut untuk biaya tambahan masuk kuliah.

Ada Bank Terapung, Menabung Kini Tak Lagi Harus ke Pulau PramukaPelajar SMAN 69 Pulau Pramuka menabung di Teras BRI Kapal Bahtera Seva I (Foto: Pradita Utama/detikcom)

"Adanya kapal BRI semoga saya bisa menabung lebih giat lagi demi pendidikan. Dulu saya masih susah menabung, uangnya habis untuk main saja," katanya.

Sania mengaku setiap minggunya ia dikirimkan uang Rp 200 ribu. Untuk seminggu dikatakannya bisa langsung habis dan masih tersisa, tergantung kebutuhannya.


"Kalau sisa biasanya saya balikkan ke orang tua, tapi sekarang sudah punya tabungan jadi bisa langsung ditabung. Di bank kapal BRI juga aman kan, nggak bakal hilang uangnya," pungkasnya.

Selain mendukung aktivitas ekonomi warga, BRI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga memfasilitasi pelajar untuk menabung di 'bank terapung' menggunakan tabungan khusus pelajar bernama Simpanan Pelajar (SimPel).

"Tabungan SimPel di Kepulauan Seribu sudah ada sejak akhir 2015. Kami sosialisasi di Pulau Untung Jawa, ada SD dan SMP. Pas 2016 kami ke Pulau Kelapa dan Pramuka, kemudian menjangkau pelajar SMP di Pulau Tidung. Hingga kini total ada 350 siswa yang punya rekening SimPel dengan total sekolah 6 yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA," ujar mantri Teras BRI Kapal Bahtera Seva I, Panca Haryono.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed