Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Mar 2019 18:35 WIB

Melihat Layanan Bank Terapung BRI di Halmahera Selatan

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy/detikcom Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Halmahera Selatan - Kabupaten Halmahera Selatan di Maluku Utara mempunyai kondisi geografis unik sekaligus penuh tantangan. Dengan luas sekitar 40 ribu kilometer persegi dan penduduk kurang lebih 223 juta jiwa yang mendiami 249 desa di 30 kecamatan, kabupaten ini 80 persennya adalah laut.

Tentu ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri untuk menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya.

Kendati punya tantangan yang sedemikian besar, Bank BRI sejak tahun 2016 telah mempunyai layanan bank terapung (bank apung) yang disebut dengan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III.

"Kapal Bahtera Seva ini melayani masyarakat di wilayah 3T. Tentu ini merupakan wujud BRI sebagai BUMN yang tidak hanya mencari keuntungan tapi menciptakan nilai-nilai di masyarakat," kata Kepala Cabang BRI Ternate, Muchammad Rizal di Labuha, di Pulau Bacan, Senin (4/3/2019) lalu.


Kapal berwarna dominan oranye dan biru ini menjelajahi 6 pulau setiap harinya, yaitu Pulau Bacan (homeport), Pulau Batang Lomang, Mandioli, Madapolo, Pasipalele, Saketa, Kayoa, lalu kembali lagi ke homeport.

Terhubung dengan satelit, kapal buatan Amerika ini melayani sejumlah layanan perbankan sebagaimana lazimnya bank. Masyarakat dilayani dengan 2 mantri BRI operasional dan bisnis serta 1 customer service, teller, tak lupa juga aparat keamanan.

Selain itu, kapal yang dipimpin oleh Indra Asmara Yudha ini juga ikut mengangkut kru mesin, masinis, mualim dan beberapa kru lainnya dalam mengoperasionalkan kapal ini untuk melayani masyarakat di kepulauan Halmahera Selatan.

"Kapal ini didesain cepat. Dari segi bahan juga ini bahan aluminium supaya dia ringan untuk mendorong kapal dengan kecepatan 13 knot," papar Indra, Nahkoda Bahtera Seva III.

Indra pun mengajak detikFinance berkeliling sembari menjelaskan tiap-tiap ruang di kapal berikut dengan fungsinya.

"ABK ada total all crew 8 orang, nahkoda, mualim 1 dan 2 jadi juri mudi plus masak, lari ke area mesin ada masinis 1 dan 2," sambung dia.

Di bagian dek bawah ada kamar kru kapal yang bersebelahan dengan ruang makan dan dapur.

"Ada ruang santai dan ruang makan untuk pegawai bank dan karaoke yang juga untuk ruang serbaguna," jelas lelaki yang sudah 2 tahun jadi kapten ini.

Di belakang dek bawah ada ruang mesin dan 4 kamar pegawai bank yang punya 2 kasur di tiap kamarnya.

"Ke atas itu ada tempat jangkar, bank hall, ada kamar ATM dan toilet, rumah kreatif BUMN, perpustakaan dan Samsat," lanjut Indra.

Bagaimana dengan sarana keselamatan? Indra menjamin semua sarana untuk keselamatan tersedia di sini, seperti fiber boat dan pelampung. Ada pula alat pemadam kebakaran yang ditempel di tiap sudut kapal.

"Safety-nya komplet keselamatan dinomorsatukan dari pelampung, alat pemadam dan alat keselamatan," tegasnya.

Selama perjalanan 4 hari, semua kru dan pegawai bank dibuat sangat nyaman dengan kamar berpendingin udara serta stok makanan yang selalu ada.

Jika waktu operasional tiba, kapal ini sudah sedia bersandar di dermaga yang menjadi pusat keramaian warga. Dengan senyum ramah, para pegawai bank pun bersiap menyambut masyarakat kepulauan Halmahera Selatan.

Masyarakat pun merasa terbantu dan dibuat nyaman dengan pelayanan dari pegawai Bank BRI. Bahkan terkadang, para pegawai bersedia memperpanjang waktu operasional mereka untuk melayani warga yang hendak menabung atau menarik uang tunai.

"Dulu saya harus bolak balik Ternate makanya adanya kapal BRI ini terbantu sekali, kita juga bangga dengan adanya BRI di sini," jelas salah satu nasabah BRI, Djalil Muhammad Amin.

Bukan cuma dari warga, Pemda Kabupaten Halmahera Selatan pun merasa terbantu dengan adanya Teras BRI Kapal Bahtera Seva III.


"Merupakan berkah adanya Seva karena BRI memiliki terobosan memperhatikan kondisi kewilayahan khususnya di bagian Indonesia timur yang bercirikan kepulauan. Kami sangat terbantu sekali kapal Teras BRI untuk bisa melayani karena sifatnya mobile bisa menyinggahi hampir di seluruh kecamatan tanpa masyarakat harus datang ke Labuha," papar Sekretaris Daerah Halmahera Selatan, Helmi Surya Botutihe.

Sebagai informasi, Teras BRI Kapal Bahtera Seva III atau sering disebut Bahtera Seva yang melayani perbankan di sekitar Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Bank terapung ini beroperasi selama 4 hari setiap minggu yang mempunyai rute Pulau Bacan (homeport), Pulau Batang Lomang, Mandioli, Madapolo, Pasipalele, Saketa, Kayoa, lalu kembali lagi ke homeport. Adapun jadwal pelayarannya dari Selasa hingga Jumat.

Pada Desember 2018, diketahui total simpanan di kapal ini mencapai Rp 9.419.588.844 dengan debitur 1.524 orang. Sementara total transaksi kurang lebih 48 ribu transaksi dengan perputaran uang mencapai miliaran rupiah.

Kemudian total pinjaman Rp 21.799.300.000, keikutsertaan UKM 446 orang yang dan jumlah dana yang digelontorkan untuk UKM sebesar Rp 8.600.083.000. Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed