Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Mar 2019 13:30 WIB

Ketua DPR Sebut Fintech Mudahkan UMKM Dapat Modal

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Yayas/detikcom) Foto: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Yayas/detikcom)
Jakarta - Layanan financial technology (fintech) saat ini sedang berkembang pesat. Fintech kini menjadi peluang dan tantangan baru untuk bisnis keuangan di dunia.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Soesatyo menjelaskan, fintech saat ini makin digemari oleh masyarakat karena memudahkan pelayanan dan akses produk keuangan.

Dia mencontohkan, yang bermanfaat adalah bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menurutnya, para pelaku UMKM ini semakin bisa dan mudah mendapatkan modalnya.


Padahal sebelum adanya fintech, para pelaku UMKM kesulitan mendapatkan akses perbankan. Apalagi akses permodalan juga semakin mudah karena hanya menggunakan smartphone.

"Bisnis fintech juga bisa menggantikan peran lembaga formal seperti perbankan, menjadi alat bantu pembayaran dan kliring, mitigasi risiko dan membantu pihak yang membutuhkan," kata Bamsoet dalam seminar nasional di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Dia menjelaskan, fintech ini juga bermanfaat bagi masyarakat, juga secara keseluruhan bermanfaat bagi negara. Pasalnya dengan adanya fintech ini bisa meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia.




Ketua DPR Sebut Fintech Mudahkan UMKM Dapat Modal
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed