Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 14 Apr 2019 16:30 WIB

Mau Bikin Bank Harus Setor Rp 3 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Bank merupakan institusi yang menghimpun dan mengalirkan keuangan. Permodalan bank pun harus cukup agar bank tidak mengalami kebangkrutan.

Untuk itu Bank Indonesia sendiri mengatur permodalan pada bank yang baru didirikan. Pengaturan dilakukan dengan memberikan kewajiban setoran modal awal untuk pendirian sebuah bank.

Mengutip, Peraturan Bank Indonesia No. 2 tahun 2000 Tentang Bank Umum pasal 4 dijelaskan bahwa dalam pendirian bank baru harus menyetorkan dana sebesar Rp 3 triliun sebagai modal awal bagi bank.

"Modal disetor untuk mendirikan Bank ditetapkan sekurang-kurangnya sebesar Rp 3.000.000.000.000,00 (tiga triliun rupiah)," seperti dikutip pada Minggu (14/4/2019).


Selain permodalan, pada pasal 3 pun dijelaskan bahwa dalam bank baru yang mau didirikan harus mengantongi beberapa izin. Izin-izin tersebut pun dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Izin pertama adalah persetujuan prinsip, di dalamnya diatur persetujuan untuk melakukan persiapan pendirian Bank. Lalu yang kedua adalah izin usaha atau badan usaha untuk Bank.

Dalam peraturan ini juga dijelaskan bahwa bank umum di Indonesia hanya boleh didirikan oleh warga negara Indonesia baik pribadi maupun badan usaha. Tetapi, dalam pengoperasiannya diperbolehkan bermitra dengan pihak asing baik perseorangan maupun badan usaha.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed