Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 19:35 WIB

BNI Bikin Modal Ventura dan Akuisisi Perusahaan Asuransi Juni 2019

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Manajemen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk buka-bukaan terkait rencana aksi korporasi tahun ini. Aksi korporasi itu di antaranya ialah pembentukan modal ventura (ventura capital) hingga akuisisi asuransi.

Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan, aksi korporasi ini akan berlangsung Juni.

"Kita harapkan untuk venture capital ini dalam waktu secepatnya kita upayakan bisa di Juni terealisir, untuk insurance kita juga harapkan Juni ini," katanya di Kantor Pusat BNI Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Selain itu, BNI juga akan menjadikan lini bisnis syariahnya masuk dalam Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III atau dengan modal inti Rp 5 triliun hingga Rp 30 triliun. Namun, dia bilang, tidak menggunakan skema penawaran saham ke publik atau initial public offering (IPO).


"Saya tambahkan lagi mengenai kemungkinan akan mengembangkan menjadikan BNI Syariah menjadi BUKU III, memang ada rencana di kita akan IPO tapi kita pertimbangan sendiri belum perlu IPO. Kita harapkan di tahun ini bisa jadi BUKU III," ujarnya.

"Sementara IPO menjadi pertimbangan alternatif kedua. Itu yang akan sedikit relaksasi perubahan," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Dadang Setiabudi mengatakan, modal ventura akan jadi alat bagi perusahaan untuk ekspansi.



"Venture capital alat kita untuk mengakuisisi startup-startup yang memang potensial bisa dikerjasamakan nanti dengan Bank BNI," ujarnya.

Lanjutnya, saat ini BNI telah menjalin kerja sama dengan ratusan perusahaan yang bergerak di bidang digital.

"Kita sudah kolaborasi fintech, startup, maupun e-commerce kurang lebih 600 terutama untuk payment gateway melalui virtual account. Untuk peer to peer kurang lebih kolaborasi 40 fintech," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed