Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Jun 2019 22:00 WIB

Sri Mulyani Bertemu Investor Italia, Bahas SUN hingga Ekonomi RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Menkeu Sri Mulyani Indrawati di Italia/Foto: Dok. KBRI Roma Menkeu Sri Mulyani Indrawati di Italia/Foto: Dok. KBRI Roma
Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kunjungan kerja ke Milan, Italia, Senin (24/6). Agenda utama kunjungan adalah investor update yaitu pertemuan dengan para investor di bidang keuangan.

Pertemuan dihadiri oleh 10 institusi di bidang asuransi, perbankan dan manajemen aset. Pertemuan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas penerbitan Surat Utang Negara (SUN) oleh Kementerian Keuangan pada 18 Juni 2019 lalu. SUN diterbitkan dalam dua valuta asing yaitu US Dollar dan Euro masing-masing sebesar US$ 0,75 miliar untuk tenor 10 tahun dan EUR 0,75 miliar untuk tenor 7 tahun.

Menurut keterangan tertulis KBRI Roma yang diterima detikFinance, Kamis (27/6) delegasi yang dipimpin Sri Mulyani melakukan pertemuan guna mempertahankan hubungan baik dengan investor yang sudah berpartisipasi dalam penawaran SUN serta memperluas basis investor SUN.


"Dalam pertemuan tersebut Menteri Keuangan menyampaikan perkembangan capaian pembangunan Indonesia termasuk kebijakan makro ekonomi, kebijakan fiskal, dan pengelolaan utang Indonesia. Pertemuan juga membahas perkembangan situasi ekonomi global, isu lingkungan hidup, energi terbarukan dan perubahan iklim," sebut keterangan tertulis KBRI Roma.

Investor Update diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi investor Italia terhadap Indonesia. Hal tersebut dapat meningkatkan partisipasi investor Italia pada penawaran SUN di masa yang akan datang.

Para investor menyampaikan harapan agar kebijakan Pemerintah tetap transparan dan akuntabel guna mendukung iklim investasi. Pemerintah Indonesia juga terus berkomitmen untuk membina hubungan baik dengan investor melalui penyampaian informasi yang akurat, tepat waktu, serta menyelenggarakan kegiatan Investor Update secara berkala di masa yang akan datang.


"Duta Besar RI di Roma mendukung upaya yang dilaksanakan Menteri Keuangan dan berharap para investor dari Italia dapat terus meningkatkan nilai investasi di Indonesia. Pertemuan Investor Update di Milan ini menandakan semakin menguatnya kerja sama kedua negara khususnya di bidang ekonomi saat kedua negara memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia - Italia tahun 2019," tulis siaran pers KBRI Roma

Kunjungan ke Milan, Italia merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rangka Investor Update. Menkeu dijadwalkan untuk mengunjungi beberapa kota lainnya di Eropa.

Simak Video "Sri Mulyani: Suatu Kehormatan Bisa Bantu Presiden Bangun RI Bebas Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com