Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 15:20 WIB

Minggu Pertama Juli, Ada Inflasi 0,12%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan berdasarkan survei pemantauan harga pekan pertama Juli 2019 inflasi tercatat 0,12% secara month to month dan 3,12% year on year.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan angka inflasi ini lebih rendah dibandingkan periode bulan sebelumnya.

"Angka ini jauh lebih rendah dari inflasi dua bulan sebelumnya Mei dan Juni," di Gedung BI, Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Perry mengungkapkan, inflasi pada Mei dan Juni memang sedikit mengalami kenaikan sesuai pola musimannya. Pasalnya pada dua bulan belakangan tersebut terdapat momen ramadhan dan Idulfitri.


Dia mengatakan sejumlah komoditas mengalami penurunan harga pada awal bulan ini. Bahkan sejumlah bahan makanan mencatatkan deflasi, serta angkutan antarkota yang juga mengalami deflasi di awal Juli ini.

"Banyak komoditas yang mengalami penurunan, baik yang terkait bahan makanan seperti daging ayam ras kemudian bawang merah, bawang putih yang bulan-bulan sebelumnya terjadi inflasi bulan ini terjadi deflasi. Dan juga tarif angkutan antarkota juga terjadi deflasi 0,08%," jelas dia.

Rendahnya inflasi pada Juli, lanjut dia, akan mendukung tercapainya sasaran inflasi tahun ini. BI memperkirakan inflasi 2019 berada pada level 3,5 plus minus satu persen.

"Jadi ini inflasi kembali kepada polanya, rendah dan terkendali. Dan ini mengkonfirmasi perkiraan kami bahwa inflasi akhir tahun ini insyaallah akan lebih rendah dari titik tengah sasaran 3,5%" pungkasnya.



Simak Video "Warga Turki Memburu Sayur Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed