Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 17:32 WIB

Ini Tips Jeli Pilih Asuransi Unit Link

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Foto: shutterstock Ilustrasi Foto: shutterstock
Jakarta - Konsep asuransi unit link sudah cukup populer di pasar asuransi di Indonesia. Masyarakat Indonesia menyukai kemungkinan uang yang dibayarkan bisa kembali atau bahkan mendapatkan imbal hasil investasi dalam Unit Link, tidak langsung hangus layaknya asuransi tradisional.

Namun, untuk memilih asuransi unit link perlu pertimbangan yang jeli. Ada sejumlah aspek yang harus dipertimbangkan sebelum terjun dan memilih asuransi tersebut.

CEO Hanwha Life Insurance Indonesia, David Yeom, mengatakan, saat ini, potensi asuransi Unit Link cukup besar. Namun, masyarakat perlu lebih jeli memilih asuransi Unit Link agar bisa menikmati manfaat yang maksimal. Dia juga berbagi tips memilih asuransi unit link yang baik.


Berikut 7 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Unit Link:

1. Cari Perusahaan Asuransi dan Agen yang Kredibel
Hal ini penting. Pastikan perusahaan asuransi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akan ada risiko yang dihadapi bila perusahaan asuransi tidak terdaftar dan diawai OJK.

2. Sesuaikan dengan Prioritas Kebutuhan
Untuk tujuan investasi seperti dana pendidikan atau properti, pilih Regular Premium Unit Link (RPUL) Back End karena memberikan alokasi 100% premi dasar berkala untuk investasi sejak awal.

3. Ambil Manfaat Yang Sesuai
Hitung Uang Pertanggungan (UP) perlindungan jiwa dengan mempertimbangkan nilai ekonomis, jumlah tanggungan dan jumlah utang Anda. Ada banyak cara menghitung UP, namun yang termudah adalah UP = 10 x Pendapatan Tahunan. Lengkapi juga dengan asuransi tambahan (Rider), misalnya untuk perlindungan kesehatan atau penyakit kritis. Ingat, ambil UP dan Rider sesuai kebutuhan!

4. Cermati Bonus dan Bebas Biaya

5. Pilih Premi Unit Link Sesuai Kemampuan
Premi Unit Link harus sesuai dengan kemampuan finansial. Besarnya premi baiknya sekitar 10% hingga 30% dari pendapatan. Sekarang banyak produk Unit Link punya premi yang terjangkau. Bahkan ada asuransi investasi link dengan premi seharga secangkir kopi, yakni mulai dari Rp 17.000 per hari.

6. Cek Performa Instrumen Investasi Unit Link
Setiap pilihan instrumen investasi memiliki risiko yang beragam: rendah, sedang atau tinggi. Cek performa berkala dan manfaatkan fleksibilitas mengalihkan dana investasi sesuai profil risiko dan gaya investasi Anda.

7. Baca dan Pahami Polis Unit Link
Pelajari seluruh ketentuan yang tertera di dalam Polis, juga pahami seluruh manfaat dan risiko Unit Link yang Anda pilih. Jadilah nasabah yang aktif serta kritis.


Ini Tips Jeli Pilih Asuransi Unit Link


Simak Video "Duo Semangka Asuransikan Payudaranya Rp 1 M"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com