Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 19 Jul 2019 16:55 WIB

Perbankan Siap Jor-joran Salurkan Kredit

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Zaki Alfarabi Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta - Bank Indonesia (BI) tengah melakukan survei terkait industri perbankan di tanah air. Salah satu hasilnya terlihat perbankan siap menyalurkan dana besar-besaran dalam bentuk kredit.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, jika dilihat secara triwulanan penyaluran kredit perbankan terus meningkat. Geliat untuk menyalurkan kredit pun diprediksi terus berlanjut.

"Survei bahwa menunjukkan pertumbuhan kredit meningkat baik pada triwulan II maupun triwulan III, dan dari survei terlihat jenis penggunaan bersumber kredit investasi dan kredit konsumsi, dan didorong triwulan III pertumbuhan kredit akan diperkirakan meningkat. Karena didorong optimisme terhadap kondisi ekonomi yang akan meningkat, didukung oleh kondisi politik dan keamanan," ujarnya di Komplek Gedung BI, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Sejalan dengan hal itu, lanjut Perry, survei tersebut menunjukkan bahwa perbankan itu siap menyalurkan kredit. Hal itu terlihat dari kebijakan penyaluran kredit sejumlah perbankan yang tercermin dalam indeks landing standar atau standar kredit dari perbankan yang menunjukkan perbankan siap menyalurkan ke semua jenis kredit.

"Bahwa indikator indeks ini menunjukkan perbankan melakukan suatu pelonggaran standar, dalam artian mereka (perbankan) ingin menyalurkan kredit untuk seluruh jenis kredit, dalam konteks jangka waktu maupun agunan," tambahnya.



Untuk itu, perbankan bahkan rela menurunkan standarisasi penilaian kredit. Hal itu demi dana kredit yang disiapkan bisa tersalurkan.

"Biasa kalau perbankan ingin ekspansi standarnya diturunkan, bukan berarti tidak prudent tetapi lebih longgar tetapi nanti kalau terlalu bom akan diketatkan kembali. Biasanya perilaku perbankan dan itu tertangkap dalam indeks landing. Hal ini menunjukkan supplay atau penawaran, memang perbankan sudah siap menyalurkan kredit," ucap Perry.

Dia juga yakin, semangat perbankan menyalurkan kredit tidak terlepas dari beragam kebijakan yang diambil oleh BI dan OJK. Salah satunya dengan melonggarkan likuiditas.

"Baik dari strategi moneter yang ekspansif maupun juga penurunan GWM, dan juga penurunan suku bunga akan mendorong perbankan menyalurkan kredit. Kami akan menumbuhkan permintaan kredit untuk pembiayaan investasi, ekspor dan berbagai sektor mulai pengelolaan dan sektor lainnya," tutupnya.



Simak Video "Hati-hati! Uang Mahar Nikah Jangan Dilipat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com