Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 19:10 WIB

Ini Bukti Kalau RI Masih Butuh Utang Luar Negeri

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat sumber pembiayaan perekonomian terbesar di Indonesia saat ini didominasi lewat kredit bank umum. Per Juni 2019, sumber pembiayaan perekonomian dari kredit bank umum tercatat sebesar Rp 5.228 triliun dari total Rp 9.093 triliun pembiayaan perekonomian secara keseluruhan.

Yang menarik, posisi kedua terbesar yang menjadi sumber pembiayaan perekonomian dalam negeri adalah utang luar negeri (ULN). BI mencatat pembiayaan perekonomian melalui ULN per Juni 2019 mencapai Rp 2.133 triliun atau tumbuh 10,5% (year on year). Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan hal ini membuktikan bahwa kebutuhan utang yang dilakukan Indonesia penting untuk menjaga perekonomian saat ini.

"Jadi bisa nggak negara ini hidup tanpa ULN? Memang negara ini membutuhkan ULN, tapi harus dikelola hati-hati," katanya dalam paparan di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (23/7/2019).



Sumber pembiayaan melalui ULN sendiri tercatat meningkat 10,5% dibanding Juni 2018 sebesar Rp 1.930 triliun. Namun pertumbuhannya melambat, dari 14,5% menjadi 10,5% secara year on year.

Sumber pembiayaan perekonomian selanjutnya adalah pasar modal yang menyumbangkan sebesar Rp 922 triliun, disusul industri keuangan non bank (IKNB) yang menyumbangkan Rp 698 triliun.



Kemudian secara berturut-turut disusul kredit BPR yang menyumbangkan Rp 105 triliun, dan fintech sebesar Rp 8,3 triliun.

Simak Video "Sandiaga Siap Bantu Erick Thohir di BUMN Sektor Asuransi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com