Modal Asing Masuk RI Makin Deras

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 26 Jul 2019 14:42 WIB
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Bank Indonesia (BI) pada minggu keempat Juli 2019 mencatat aliran modal asing yang masuk sebesar Rp 192,5 triliun. Dana asing yang masuk ini mengalami terus meningkat sejak awal tahun 2019.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan masuknya modal asing ini terjadi karena prospek perekonomian nasional masih baik di mata investor asing.

"Hal ini mengonfirmasi aliran modal asing ke dalam portofolio masih positif dan masih menunjukkan kepercayaan investor," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (26/7/2019).


Selain itu koordinasi yang baik antara pemerintah, BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut meningkatkan kepercayaan investor tentang investasi di Indonesia.

Komposisi aliran modal asing ini terdiri dari surat berharga negara (SBN) sebesar Rp 119,3 triliun dan saham Rp 72,2 triliun.

Dia mengungkapkan aliran modal asing yang masuk ini turut mendorong kinerja neraca pembayaran Indonesia pada kuartal II 2019. "Ini akan menambah surplus neraca modal dan pembayaran sehingga akan mendukung stabilitas eksternal ekonomi Indonesia," jelas dia.


Dari data BI, pada bulan sebelumnya yakni Juni 2019 aliran modal asing mencapai Rp 180 triliun, kemudian Mei 2019 tercatat Rp 112 triliun.

Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)