Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Agu 2019 13:05 WIB

Destry Buka Peluang Bunga Acuan BI Turun Lagi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti/Foto: Agung Pambudhy Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti memberikan sinyal untuk melonggarkan bunga acuan. Hal ini seiring dengan perlambatan ekonomi global.

Destry mengatakan, ekonomi dalam negeri saat ini masih terpengaruh dengan kondisi global. Apalagi, The Fed juga melakukan pelonggaran kebijakan dengan menurunkan suku bunga acuannya beberapa waktu lalu.

"Jadi kalau kita lihat tren dari suku bunga atau ekonomi global trennya adalah perlambatan dan kebijakannya cenderung untuk lebih easing, cenderung untuk melonggarkan," kata Destry usai pelantikan di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).


Destry menjelaskan, kondisi ekonomi dalam negeri saat ini masih terkendali, terutama dilihat dari sisi inflasi yang masih stabil di kisaran 3%.

"Sehingga kalau kita lihat stabilitas dari sisi industri juga terkendali dan juga kita lihat bahwa kredit ini kan, karena memang ingin dorong investasi," katanya.

Destry mengatakan, bahwa BI juga telah melakukan pelonggaran dengan memangkas suku bunga acuannya sebanyak 25 basis poin (bps), dari 6% menjadi 5,75%. Untuk itu, kata Destry, BI masih akan terus melihat kebijakan global yang sedang longgar untuk ke depannya.

"Makanya apa yang telah dilakukan oleh BI kemarin dengan easing monetary policy sudah diturunkan GWM satu kali kemudian juga sudah diturunkan juga BI 7-day Reverse Repo Rate-nya," kata dia.

"Nampaknya kita melihat arah dari easing monetary policy ini, akan kita lihat dalam jangka waktu cukup panjang ke depan, karena kita memang membutuhkan satu stimulus buat pertumbuhan ekonomi ke depannya," tutup Destry.



Simak Video "Sah! Destry Damayanti Jabat Deputi Gubernur Senior BI"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed