Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Agu 2019 13:46 WIB

Rapat Perdana Malam Ini, Destry Beberkan Fokus Jadi DGS BI

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Destry Damayanti baru diambil sumpahnya menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI). Setelahnya, Destry akan langsung mengikuti rapat bersama dewan gubernur BI lainnya pada malam nanti.

"Rapat pertama saya nanti malam, apapun yang terjadi saya akan jaga komitmen untuk menjalankan tugas dan fungsi BI yang ada," kata Destry usai dilantik di Mahkamah Agung (MA), Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Destry mengatakan ada lima prioritas yang akan dikerjakannya dalam menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior BI.

"Pertama, policy mix. Itu akan terus dan saya rasa itu salah satu terobosan bank sentral dan ada beberapa bank sentral yang akan ikuti policy mix yang dilakukan Bank Indonesia. Jadi tidak hanya melaksanakan tugas moneter, tapi juga dari sisi makroprudensial," katanya.


Kedua, kata Destry, adalah menjaga stabilitas sistem keuangan. Destry mengatakan stabilitas sistem keuangan hanya akan tercapai bila Indonesia memiliki pasar keuangan yang lebih baik lagi.

"Masalahnya, sektor keuangan kita ini masih dangkal, sehingga ada gejolak sedikit di global, kita jadi goyang. Untuk itu, BI, OJK, dan lain-lain itu harus bisa membuat market itu lebih dalam," katanya.

Selanjutnya Destry juga mengaku akan menyoroti tentang pembayaran digital. Menurutnya, hal itu menjadi pekerjaan rumah bagi BI untuk menciptakan sistem pembayaran yang aman, efisien, user friendly, juga melindungi penggunanya.

"Keempat, ekonomi syariah. Kita punya potensi besar, tapi produknya masih terbatas, ini jadi tantangan bagaimana menciptakan produk-produk dan instrumen keuangan syariah yang dikenal oleh para nasabah dan produk halal bisa ditingkatkan, sehingga kontribusi dari ekonomi dan keuangan syariah kita bisa meningkat," jealasnya.


Yang terakhir, kata Destry, adalah menjaga sinergi antara BI dengan lembaga-lembaga keuangan lainnya. Sinergi dan koordinasi diperlukan agar setiap kebijakan yang dikeluarkan bisa berjalan dengan efektif.

"Untuk itu ke depan, sinergi dan koordinasi antara Bank Indonesia, OJK, pemerintah, DPR, apapun lembaga keuangan lainnya, LPS juga, jadi itu akan kita terus tingkatkan. Saya pribadi memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan koordinasi antara satu dengan lembaga lainnya," tutur Destry.

Simak Video "Sah! Destry Damayanti Jabat Deputi Gubernur Senior BI"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed