ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Agu 2019 19:15 WIB

Alipay dan WeChat Bakal Gandeng BCA Awal 2020

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Alipay dan WeChat menjajaki kerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menargetkan, awal tahun 2020 pihaknya sudah bisa melayani transaksi melalui Alipay dan WeChat.

Jahja mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan finalisasi pengembangan sistem yang ditargetkan rampung pada kuartal-IV 2019. Namun, tentunya BCA juga harus mengantongi izin dari Bank Indonesia (BI) untuk bisa memulai kerja sama ini.

"Kalau soal WeChat dan Alipay, kita sedang proses sistem development. Mungkin kuartal IV itu akan selesai. Dan tentunya, kami akan kulonuwun, minta izin ke BI. Saya kira mudah-mudahan awal tahun depan kita bisa sudah ada kerja sama dengan WeChat dan Alipay," ujar Jahja usai menghadiri Grand Launching QRIS Unggul, di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019).

Alipay dan WeChat selaku penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) asing membutuhkan acquirer atau pihak yang dapat memproses data uang elektronik yang diterbitkan oleh pihak lain. Untuk itu, Alipay dan WeChat harus menggandeng perbankan nasional yang masuk dalam kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) IV.


Perlu diketahui, sebelumnya Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyebut nantinya yang bisa menggunakan Alipay dan WeChat Pay adalah turis asal China saja bukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

"Benar (hanya turis China) karena itu kan untuk transaksi cross border atau lintas negara," kata Onny kepada detikFinance, Senin (8/4/2019).

Onny mencontohkan untuk transaksi cross border misalnya jika ada turis asal Singapura yang datang ke Indonesia bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit yang diterbitkan oleh PJSP Singapura.

"Jadi kalau dia mau belanja di Indonesia, kanal pembayarannya di Indonesia ya kartunya harus yang sudah kerja sama dengan penyelenggara di Indonesia," pungkas Onny.



Simak Video "Berburu Tiket Murah Hingga Nginap di Mall? Ada!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com