Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Agu 2019 20:40 WIB

1 Juta EDC Diupgrade ke Standar QR Code BI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) merilis Standar QR Code atau QR Indonesia Standard (QRIS) Unggul. Dalam hal ini, bank juga akan menyesuaikan standardnya dengan QRIS.

Dalam peluncuran QRIS Unggul, Wakil Ketua ASPI Rico Usthavia Frans mengatakan ada 1 juta mesin EDC (electronic data capture) yang diupgrade agar dapat menerima pembayaran dengan QRIS.

"Saat ini kita baru selesai uji coba. Ada beberapa segmen. Bank-bank yang incumbent di sistem ini mulai log out QR (QR Code yang sudah dimiliki). Ada ratusan ribu, hampir satu juta EDC yang akan kita roll out dengan QRIS ini," jelas Rico di Kompleks BI, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).


Rico juga memaparkan, saat ini pun sudah banyak financial technology (fintech) yang mulai beralih dan bergabung dengan ekosistem QRIS Unggul ini. Dengan demikian, QRIS ini tak hanya dapat diakses bank-bank besar, tapi juga pemain baru dalam penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP).

"Kedua, sudah banyak fintech yang menggunakan QR Code, baik dengan EDC ada ratusan ribu. Semua akan bergabung dengan ekosistem QRIS. Ini kekuatan kita bersama, dari bank yang sudah kuat di merchant (penjual) dan ditambah pemain fintech baru," terang Rico.


Hal tersebut dilakukan sesuai dengan arahan Gubernur BI Perry Warjiyo agar QRIS ini dapat digunakan di seluruh Indonesia, dan juga seluruh lapisan masyarakat.

"Kita akan memastikan juga QRIS diterima secara nasional. Karena yang diminta Pak Perry adalah jadi universal. Kami sangat mendukung dan berusaha mengembangkan QRIS dengan baik," pungkasnya.

Simak Video "Luncurkan Transaksi QR Code, BI Dukung Uang Digital Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com