Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 23 Agu 2019 12:45 WIB

Mimpi Sri Mulyani Bayar Pajak Semudah Beli Pulsa

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan fakta di balik keinginannya mengenai pembayaran pajak semudah membeli pulsa.

Hal itu diungkapkannya pada saat meresmikan modul penerimaan negara generasi ketiga (MPN G3) di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.

Sri Mulyani menceritakan pada saat liburan bersama keluarganya, sang suami yaitu Toni Sumartono tiba-tiba kehabisan pulsa telepon dan meminta anaknya untuk membelikannya.

"Saya minta ke anak saya, ini benar istilah 'mamah minta pulsa, tapi ini 'ayah minta pulsa', baru sebentar itu transaksi sudah selesai," kata Sri Mulyani, Jakarta, Jumat (23/8/2019).


Dirinya pun merasa heran dengan kecepatan anaknya membelikan pulsa untuk orang tuanya. Sebab, yang ada di pikirannya adalah membeli dengan mencari toko yang menjual pulsa.

Namun, berkat perkembangan teknologi maka pembelian pulsa pun bisa menggunakan layanan perbankan yang sudah ada seperti mobile-banking (m-banking).

"Karena saya menteri keuangan golongan kolonial, saya impress dong dengan kecepatan isi pulsa itu. Besoknya, saya instruksikan ke tim kementerian keuangan, 'Kok orang beli pulsa cepat banget?'," tegas Sri Mulyani.

Dari kejadian itu, ide Sri Mulyani mengenai pembayaran pajak semudah membeli pulsa pun muncul. Bahkan, dirinya tidak hanya menginstruksikan Dirjen Pajak saja soal kecepatan dan kemudahan membayar pajak, hal itu juga berlaku sama untuk Ditjen Anggaran dan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) untuk membayarkan PNBP, bea dan cukai.

"Makanya saya selalu jelaskan apa gunanya bayar pajak dan bisa tidak bayar pajak itu secepat bayar pulsa saja," katanya.


"Saya instruksikan ke Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, dan Ditjen Anggaran. Pajak terima pajak, BC terima bea, cukai, PNBP, anggaran terima BLU, non pajak, royalti, hasil perpanjangan passport, dan lain-lain," sambungnya.

Simak Video "Enggan Bayar Pajak, Bos Warung Bakso Ngamuk saat Didatangi Petugas"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com