Seputar Pergantian Direksi BUMN yang Diganti Rini

Puti Yasmin - detikFinance
Jumat, 30 Agu 2019 18:00 WIB
Seputar Pergantian Direksi BUMN yang Diganti Rini/Foto: detik
Jakarta - Pergantian direksi di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belakangan sering dilakukan. Bahkan baru-baru ini, Direktur Utama BTN Maryono digantikan oleh Direktur Utama BRI Suprajarto.

Pergantian direksi BUMN bukan hanya terjadi di tahun 2019. Hanya saja, belakangan perombakan ini menjadi lebih gencar dilakukan.



Nah, berikut daftar pergantian direksi BUMN yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Telkom

Pada Mei 2019 lalu, terjadi pergantian direksi dalam perusahaan BUMN PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Dalam strukturnya, Dirut Telkom Alex J Sinaga digantikan oleh Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah.

2. Pertamina

Mantan Dirut Garuda Indonesia, Pahala N Mansury juga ditunjuk menggantikan Arief Budiman di posisi Direktur Keuangan Pertamina. Keputusan tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-242/MBU/09/2018 tertanggal 13 September 2018.

3. Danareksa

Setelah dicopot dari jabatan lamanya, Arief Budiman ditunjuk menjadi Dirut PT Danareksa menggantikan Heru D Adhiningrat. Dalam pergantian Direksi BUMN, Heru diberhentikan dengan hormat setelah mengabdi selama 9 tahun.



4. PTPN

Perusahaan BUMN di bidang perkebunan ini juga mengalami pergantian direksi. Direksi PTPN 6 yang baru adalah Iryanto Hutagaol. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Keuangan Bulog dan saat ini menjadi Dirut PTPN 6.

Kemudian, ada lagi pergantian direksi PTPN 2019 meliputi PTPN VI, II, dan III. Dirut PTPN XII, Berlindo Mahendra Santosa diangkat menjadi Dirut PTPN VI, Dirut PTPN VI, Mohammad Abdul Ghani menjadi Dirut PTPN II.

Sementara, Dirut PTPN V, M Yudayat menjadi Dirut PTPN III.

5. BTN

Terakhir, pergantian direksi BUMN terjadi di Bank Tabungan Negara (BTN), di mana Dirut Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto ditunjuk menjadi Dirut BTN menggantikan Maryono.




Simak Video "Eks Dirut BRI Tolak Dirombak Jadi Bos BTN"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)