Gantikan Suprajarto, Sunarso Resmi Jadi Dirut BRI

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 02 Sep 2019 18:01 WIB
Foto: Dok. Pegadaian
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk menentukan Direktur Utama yang baru. Sebelumnya posisi ini kosong setelah Suprajarto ditunjuk jadi Dirut PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan menolaknya.

Hasil RUPSLB pun menyepakati ditunjuknya Sunarso menjadi Direktur Utama BRI secara definitif. Sebelumnya dia merupakan Wakil Direktur Utama BRI.

"Pak Sunarso jadi," kata salah satu investor yang mengikuti RUPSLB di Gedung BRI 1, Jakarta, Senin (2/9/2019).


Investor yang enggan disebutkan namanya itu juga mengungkapkan bahwa posisi Wakil Direktur Utama BRI diisi oleh Catur Budi Harto. Tak hanya itu, ada beberapa direksi BRI yang dicopot salah satunya Sis Apik Wijayanto.

"Saya juga belum dapat susunan lengkapnya," tambah investor tersebut.

Sebelumnya Suprajarto menolak tugas dari Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menjadi Direktur Utama BTN. Dia lebih memilih untuk mengundurkan diri.


Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo menjelaskan, sejatinya status Suprajarto memang sudah tidak lagi menjabat sebagai Dirut BRI ketika ditunjuk sebagai Dirut BTN. Dengan begitu posisi Dirut BRI kosong.

Untuk mengisi kekosongan kala itu, Kementerian BUMN memang akan menyiapkan untuk memilih dirut pelaksana tugas (Plt). Wakil Direktur Utama BRI Sunarso pun ditunjuk sebagai Plt Dirut BRI.

Simak Video "#BRIBersamaUMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)