Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 15:55 WIB

Ada BRILink, Siswa di Bali Bisa Menabung Pakai Sampah Plastik

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom
Tabanan - Kabupaten Tabanan merupakan daerah agraris yang memiliki hamparan lahan subur yang luas. Mulai dari wilayah pesisir dan pegunungan dengan sumber air yang melimpah. Tak heran jika daerah ini disebut sebagai lumbung pangannya Bali.

Menurut Asisten III Bupati Tabanan, I Made Agus Harta Wiguna, Kabupaten Tabanan memiliki objek wisata yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat lokal hingga manca negara. Dua di antaranya adalah Tanah Lot dan Jati Luwih dengan kunjungan wisata setiap tahunnya yang terus meningkat.

Meskipun memberikan manfaat bagi perekonomian warganya, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan tersebut memberikan dampak tersendiri bagi kebersihan lingkungan, salah satunya meningkatnya serakan sampah di Kabupaten Tabanan.

"Persoalan sampah di Kabupaten Tabanan ini mendapat perhatian yang serius, karena setiap hari pelayanan perkotaan terdapat 6,6 ton yang harus ditangani. Di sisi lain sampah kiriman dari hulu ke hilir juga tidak kalah banyaknya. Sehingga persoalan ini sudah sangat mendesak untuk mendapat penanganan," ujar Agus di SMPN 2 Tabanan, Bali, Kamis (10/10/2019).


Berbagai upaya pun terus dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah, antara lain dengan menggunakan peran dari berbagai kepentingan. Pemerintah setempat juga menetapkan program yang disebut dengan 'Taktik' berarti Tabanan Anti Sampah Plastik.

Menilik permasalahan ini, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Komunitas Bank Sampah setempat menghadirkan agen BRILink di sekolah. BRILink dihadirkan khusus bagi pelajar untuk memberikan kesadaran menabung sejak dini.

Tidak hanya itu, adanya BRILink ini juga dinilai akan membantu mengurangi sampah. Sebab para siswa yang mengumpulkan dan menyetorkan sampah kepada bank sampah setempat akan mendapatkan tambahan saldo pada rekening Tabungan SimPel mereka.

"Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bank BRI yang hari ini sudah hadir di SMPN 2 Tabanan dalam rangka mengajak masyakarakat melalui anak-anak didik, disiplin untuk mulai bersama-sama memerangi sampah terutama sampah plastik," tuturnya.

"Dan yang luar biasanya adalah kemudian bahwa peran sampah ini kemudian memberikan berkah kepada anak-anak kita yang mana BRI akan menyiapkan SimPel jadi ketika anak-anak bisa memungut sampah plastik, kemudian di kelola oleh bank sampahnya kemudian menghasilkan uang otomatis nanti akan di simpan di SimPel-nya ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa," imbuhnya.


Kepala Bagian Edukasi Perlindungan Konsumen OJK Wilayah Bali, Ida Bagus Putu Siwa Adnyana menyambut baik kolaborasi SimPel BRI dengan bank sampah ini. Menurutnya hal ini sangat bermanfaat bagi para pelajar. Selain memberikan pelajaran untuk menabung juga membantu dalam hal penanganan sampah.

"Kami sangat mengapresiasi dalam hal ini BRI sudah memulai menginisiasi kegiatan SimPel maupun bank sampah ini. Mengingat bulan Oktober ini merupakan bulan inklusi keuangan sehingga program ini sangat selaras untuk meningkatkan target literasi maupun inklusi keuangan masyarakat Indonesia khususnya di Bali agar tingkat pemahaman maupun penggunaan produk-produk dari perbankan itu sudah semakin banyak diserap," jelasnya.

Pemimpin Wilayah Kanwil BRI Denpasar Ida Bagus Ketut Subagia mengatakan inisiasi ini juga merupakan upaya BRI dalam mendukung implementasi One Student One Account melalui tabungan Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang memiliki fitur biaya bebas administrasi dan setoran terjangkau.

"Dengan adanya layanan BRILink yang dapat menyediakan layanan perbankan di SMPN 2 Tabanan, para siswa kini tak lagi terkendala ketika ingin menabung. Mereka cukup di sini (sekolah) kemudian menabung di BRI melalui agen BRILink yang sudah kami tempatkan di sini," terang Ida Bagus.

Simak Video "Sandiaga Siap Bantu Erick Thohir di BUMN Sektor Asuransi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com