Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Okt 2019 15:53 WIB

Hotman Paris Harapkan Kasus Duniatex Berakhir Damai

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Foto: Angling Adhitya Purbaya Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang - Pengacara Hotman Paris Hutapea hari ini datang ke Semarang bersama puluhan pengacara dari Jakarta. Ia mengawal sidang terkait perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang diajukan oleh Duniatex Group.

Hotman menjadi kuasa hukum dari BRI dan BRI Syariah. Menurut Hotman, BRI merupakan salah satu kreditur dari puluhan kreditur dalam negeri dan luar negeri. Hotman berharap, kasus ini bisa diselesaikan dengan cara damai.

"Saya sebagai pengacara dari BRI dan BRI Syariah mendaftarkan tagihan, hari ini sidang verifikasi. Mudah-mudahan terjadi perdamaian," kata Hotman di Pengadilan Negeri/Niaga Semarang, Kamis (31/10/2019).

Ia menjelaskan, Duniatex mengajukan PKPU untuk mencocokkan tagihan terhadap kreditur. Menurutnya yang krusial adalah bagaimana debitur membayar hutangnya.



"Yang krusial di proposal perdamaian dibayar pakai apa, itu mungkin 2 minggu lagi," kata Hotman.

Sebagai pengacara BRI dan BRI Syariah, Hotman tidak menyebut spesifik tagihan kepada Duniatex dari kliennya. Namun ia menyebut dari semua kreditur jumlahnya lebih dari Rp 20 triliun. Sebelumnya, diketahui salah satu kreditur untuk Duniatex juga adalah Bank Mandiri yang mencapai Rp 5,5 triliun.

"Kalau keseluruhan kreditur katanya hampir Rp 28 T. Bank asing, bank lokal, tapi itu berbagai bank. Yang BRI yang sedang sedang saja," kata Hotman.

"Ini ada sekitar 70-an kantor pengacara, bawa tim," imbuhnya.

Sementara itu pengacara debitur, Aji Wijaya optimistis akan terjadi perdamaian dalam perkara tersebut. Menurutnya, sebelumnya sudah ada pembicaraan dengan para bank yang berpotensi akan terjadinya perdamaian.

"Harusnya tercapai kesepakatan, record saya panjang dan hasilnya perdamaian. Kita harapkan para bank men-support. Dari pembicaraan bank-bank sudah support, sudah ya," kata Aji.

Sementara itu di lokasi sebelum sidang dimulai, Hotman menyapa para pengacara yang hadir. Berkali-kali ia diajak berfoto bersama untuk selfie.

Hotman Paris Harapkan Kasus Duniatex Berakhir DamaiFoto: Angling Adhitya Purbaya




Simak Video "Andar Situmorang Sebut Hotman Paris Pengacara Paling Bodoh"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com