Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 14:30 WIB

Kementerian BUMN Benarkan Jiwasraya Investasi di Saham Gorengan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kementerian BUMN/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance Kementerian BUMN/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa apakah ada kongkalikong dalam investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga mengatakan, masalah investasi menjadi persoalan lantaran membuat kondisi Jiwasraya mengalami masalah keuangan.

"Kedua masalah investasi, yang kita lihat ini kita minta Kejaksaan untuk diteliti apakah ada kong kalikong dalam investasi dilakukan, investasi ini membuat Jiwasraya menjadi kolaps seperti sekarang," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).


Arya bilang, investasi Jiwasraya bermasalah. Sebab, Jiwasraya berinvestasi di saham gorengan.

"Kalau kita lihat saham-saham yang diinvestasikan Jiwasraya memang saham gorengan. Kalau pemain saham tahu itu saham gorengan tapi fundamentalnya, digoreng saat tertentu. Makanya meminta Kejaksaan menelitinya," ujarnya.


Arya belum merinci saham mana yang dimaksud. Selain membawa masalah ini ke Kejagung, pihaknya juga tengah mencari laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melihat apakah ada kerugian negara di dalamnya.

"Kami lagi mencari laporan BPK-nya. Mudah-mudahan laporan BPK jadi acuan apakah ada kerugian negara atau apapun itu, kerugian masyarakat, bisa dipakai Kejaksaan," tutupnya.

Simak Video " Jiwasraya Bermasalah , OJK: Kita Restrukturisasi "
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com