Hendrisman Tersangka Kasus Jiwasraya: Karir Mentereng hingga Koleksi Moge

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 15 Jan 2020 17:43 WIB
Hendrisman Tersangka Kasus Jiwasraya: Karir Mentereng hingga Koleksi Moge. Foto: Agung Pambudhy

Hendrisman juga sepertinya hobi memiliki moge. Tercatat Hendrisman memiliki 3 motor Harley Davidson dengan nilai total Rp 850 juta.

Dia juga memiliki mobil Toyota Alphard senilai Rp 700 juta, Mercedes Benz sedan senilai Rp 100 juta, Mercedes Benz Jeep senilai Rp 200 juta dan Lexus Jeep senilai Rp 300 juta.

BPK sendiri mencium adanya praktik penyembunyian kerugian keuangan Jiwasraya sejak 2006. Aksi itu terus dilakukan hingga laporan keuangan 2017 yang mendapatkan cap modifikasian dari akuntan publik yang melakukan audit.

Pada 2012 saat Hendrisman masih menjabat, Jiwasraya tergoda untuk keluar dari bisnis utamanya asuransi. Perusahaan mulai melirik bisnis investasi dengan mengeluarkan produk JS Saving Plan.


JS Saving plan merupakan produk asuransi jiwa yang juga merupakan produk investasi. Produk ini ditawarkan melalui perbankan atau bancassurance.

Tidak seperti unit link yang risikonya dipegang pemegang polis, produk ini risikonya ditanggung perusahaan asuransi. Kemudian yang membuat produk ini menarik adalah tawaran return-nya yang dua kali lipat lebih tinggi dari deposito.

Produk inilah yang menjadi pemicu meledaknya kasus Jiwasraya. Banyak dari nasabah produk ini yang tidak mendapatkan pembayaran dana yang ditanamkan.

Simak Video "2 Terpidana Kasus Jiwasraya Akan Jalani Hukuman Bui Seumur Hidup"
[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)