Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Jan 2020 14:52 WIB

Masih Banyak Kartu Kredit Belum Pakai PIN

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mewajibkan seluruh kartu kredit menggunakan PIN saat pemrosesan verifikasi. Pasalnya saat ini masih bisa dilakukan tanda tangan saat transaksi di merchant offline.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Santoso mengungkapkan saat ini memang penggunaan PIN pada kartu kredit BCA masih di kisaran 50%-60%.

"Kalau dari sisi kartu kredit yang pakai chip sudah 100% dan kami sudah PIN ready. Namun penggunaan saat ini masih 50%-60%," kata Santoso saat dihubungi detikcom, Jumat (17/1/2020).

Senada dengan Santoso, Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk, Lani Darmawan mengungkapkan saat ini masih banyak masyarakat pemegang kartu kredit yang belum menggunakan PIN.

"Belum 100% nasabah menggunakan PIN waktu transaksi di merchant. Kami akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi ke nasabah maupun merchant untuk penggunaan PIN ini," jelas dia.


General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta menjelaskan saat ini asosiasi dan bank penerbit akan gencar melakukan sosialisasi terkait penggunaan PIN ini.

Steve menjelaskan untuk nasabah yang tidak mengaktifkan PIN, kartu kreditnya tak akan bisa digunakan lagi setelah 30 Juni 2020.

"Setelah tanggal 30 Juni 2020, transaksi yang terjadi di Indonesia yang tidak menggunakan PIN akan ditolak oleh penerbit," imbuh dia.



Simak Video "Mau Kartu Kreditmu Tak Dibobol Orang? Simak Tips Berikut Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com