Jokowi: Jiwasraya Sakitnya Sudah Lama

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 17 Jan 2020 15:40 WIB
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pemerintah akan mereformasi industri non bank salah satunya asuransi. Hal itu menyusul kasus gagal PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Jokowi bilang, masalah yang menimpa BUMN asuransi ini sudah sejak lama. Dirinya pun telah memerintahkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan untuk menyelesaikan masalah sisi ekonominya dan Kejaksaan Agung dari sisi hukumnya.

"Tadi saya sampaikan, sakitnya sudah lama," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Dia pun meminta kepada seluruh kalangan memberi waktu kepada pemerintah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dirinya pun menitip pesan kepada seluruh pejabat terkait agar mengutamakan nasib para nasahab khususnya masyarakat kecil.

"Berikan waktu kepada OJK, menteri BUMN, Menkeu untuk selesaikan ini, tapi kita ngomong apa adanya membutuhkan waktu, tapi insya Allah selesai dengan skema apa tanyakan ke menteri," jelasnya.



"Nggak ada target saya selesai (kapan), yang penting selesai terutama nasabah-nasabah rakyat kecil," tambahnya.

Sambil menyelesaikan masalah tersebut, Mantan Wali Kota Solo ini juga mengungkapkan bahwa saat ini adalah momentum yang tepat untuk mereformasi industri non bank tanah air secara keseluruhan. Baik dari sisi pengaturan, pengawasan, manajemen risiko.

"Semuanya harus diperbaiki dan dibenahi tapi butuh waktu, nggak mungkin setahun dua tahun, sisi permodalannya juga sehingga muncul kepercayaan dari masyarakat terhadap perasuransian kita artinya bisa saja UU-nya juga direvisi karena UU Otoritas Jasa Keuangan itu 2012 sebelumnya Bappepam," ungkap dia.

Jokowi: Jiwasraya Sakitnya Sudah Lama




Simak Video "Eks Dirut Jiwasraya Diduga Reaktif Corona, Sidangnya Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)