Hati-hati! Sengkarut Jiwasraya & Asabri Bisa Berimbas ke Mana-mana

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 18 Jan 2020 06:15 WIB
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Persoalan keuangan yang kini tengah dialami dua perusahaan asuransi milik negara yakni PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) bisa menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap industri jasa keuangan ini. Dampaknya bahkan bisa lebih luas lagi termasuk merusak kepercayaan investor.

"Pasti, tak hanya berpengaruh terhadap sektor keuangan tapi tentu juga akan berpengaruh terhadap sektor riil, bahkan semuanya termasuk di bursa dan sebagainya," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).


Sejauh ini, dampak dua perusahaan asuransi pelat merah itu terhadap perekonomian Indonesia belum terasa betul. Namun, menurut Susiwijono tetap perlu ada upaya cepat untuk mengantisipasi dampak jangka panjangnya.

"Nah, sebenarnya dengan berbagai kasus yang ada ini kita melihat beberapa indikator sektor keuangan juga masih cukup confident, nggak terlalu terpengaruh betul, tapi kita antisipasi dari awal karena sektor keuangan kan masalah trust itu penting, sentimen market dan lain sebagainya, karena itu memang penting untuk membangun kembali trust itu," tuturnya.

Jiwasraya terjebak dalam saham gorengan yang berakibat pada gagal bayar kepada nasabahnya. Selanjutnya, ada dugaan korupsi di Asabri.

Lantas, apa saja saham gorengan yang sempat jadi langganan keduanya berinvestasi?

Selanjutnya
Halaman
1 2