Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Jan 2020 15:38 WIB

Ada Skandal Jiwasraya, Asuransi Swasta Terpengaruh?

Soraya Novika - detikFinance
Logo asuransi Jiwasraya di Jl Rasuna Said Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sempat membuat industri keuangan Indonesia geger. Kasus ini dinilai berpotensi menghilangkan kepercayaan publik terhadap industri asuransi nasional.

Lantas, apakah skandal tersebut bakal berpengaruh kepada perusahaan asuransi swasta lainnya yang ada di dalam negeri?

Allianz Indonesia sejauh ini mengaku masih belum terpengaruh banyak atas kasus tersebut.

"Dari Allianz sih kita tidak melihat ada dampak karena Allianz kita sangat menjunjung tinggi kepercayaan dari nasabah," ujar Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen dalam acara Peluncuran Produk Proteksi Joint Life Care di Plaza Senayan, Rabu (29/1/2020).

Karin bahkan mengaku, kinerja keuangan perusahaan asuransinya itu sepanjang 2019 lalu, tercatat mampu mencapai target yang sudah ditetapkan.

"Syukurnya penjualan kita juga cukup baik, untuk hasilnya belum bisa saya announce sekarang, karena kita masih menunggu proses audit ya, seperti biasa, tapi yang pasti tumbuh dengan baik kita bisa mencapai rencana-rencana kita untuk tahun 2019. Tercapai semua, melebihi target di tahun 2019," tuturnya.


Namun, Allianz berharap pemerintah dapat segera menyelesaikan skandal yang tengah menyeret industri asuransi nasional tersebut agar tingkat kepercayaan masyarakat pada sektor ini dapat kembali seperti sebelumnya bahkan meningkat.

"Saya sih berharap kasus nya bisa ditangani secepatnya supaya masyarakat juga menjadi tenang, karena asuransi itu suatu produk finansial yang sifatnya penting sekali, apalagi kita ini negara berkembang, penduduknya juga banyak dari kalangan muda, jangan sampai karena ada satu kasus itu membuat jadi kepercayaan terhadap industri ini berkurang, jadi harapan saya supaya bisa segera diselesaikan supaya kita bisa kembali seperti sebelumnya," pungkasnya.



Simak Video "Soal Jiwasraya, Erick Thohir Akan Bentuk Holding Asuransi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com