Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Mar 2020 15:09 WIB

Kinerja Asuransi Diprediksi Tumbuh 17% di 2020

Vadhia Lidyana - detikFinance
Menginjak usia yang semakin matang, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) terus meningkatkan layanan terbaik bagi para nasabahnya di seluruh Indonesia. Memasuki pasar asuransi Indonesia sejak 30 tahun lalu, kini Allianz Utama telah menjadi perusahaan asuransi umum yang menyediakan solusi asuransi umum komprehensif yang mencakup asuransi kendaraan, properti, perjalanan, dan masih banyak lagi. Foto: dok. Allianz
Jakarta -

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memprediksi angka pertumbuhan asuransi umum tembus 17% di tahun 2020.

"Kalau melihat trennya kemarin kita tumbuh, AAUI sudah membuat proyeksi di 2020 kita tumbuh 17%," kata Dody usai menghadiri Kongres AAUI ke-IV di Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dody menuturkan, prediksi ini akan mempertimbangkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya, AAUI terus menyoroti perlambatan ekonomi yang salah satunya disebabkan oleh penyebaran virus corona.

"Kalau kita prediksi tumbuh 17% di 2020, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 5%, kalau dikoreksi (angka pertumbuhan ekonominya) apakah berdampak, pasti akan berdampak. Tapi kita belum bisa memperkirakan berapa dampaknya," papar dia.

Ia mengungkapkan, pada tahun 2019 pihaknya memprediksi pertumbuhan asuransi umum hanya mencapai 10%. Namun, di kuartal III-2019 ada koreksi yang menunjukkan peningkatan.

"Kalau tahun lalu itu perubahannya naik. 10% kita perkirakan, ternyata di akhir tahun itu 14%, pergerakannya di kuartal III. Dan alhamdulillah match dengan yang kita rencanakan," jelas Dody.

Menurut Dody, jika pertumbuhan ekonomi terganggu, semua industri keuangan baik bank dan non-bank juga terdampak.

"Pola industri jasa itu memang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Jadi ketika pertumbuhan ekonomi naik, itu bisa dipastikan kegiatan ekonomi mulai tumbuh. Nah dalam kegiatan ekonomi itu, maka industri jasa, bank akan naik, asuransi juga," pungkas Dody.



Simak Video "Bahana Jadi Induk Holding Asuransi Akhir Februari"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com