Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Mar 2020 15:52 WIB

Bank Diminta Turunkan Suku Bunga Demi Lawan Corona

Danang Sugianto - detikFinance
BUMN percetakan uang, Perum Peruri dibanjiri pesanan cetak uang dari Bank Indonesia (BI). Pihak Peruri mengaku sangat kewalahan untuk memenuhi pesanan uang dari BI yang mencapai miliaran lembar. Seorang petugas tampak merapihkan tumpukan uang di cash center Bank Negara Indonesia Pusat, kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (21/10/2013). (FOTO: Rachman Haryanto/detikFoto) Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) kemarin menurunkan suku bunga acuan BI 7 Days Repo Rate dari 4,75% menjadi 4,5%. Keputusan itu diambil melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) 18-19 Maret 2020.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan keputusan itu merupakan bentuk stimulus moneter untuk meredam dampak dari penyebaran virus corona.

"Kami telah umumkan stimulus dari kebijakan BI yang ketiga setelah stimulus pertama pada 19 Februari, stimulus kedua 2 Maret 2020, kemarin kami terbitkan stimulus ketiga berupa penurunan suku bunga dan tujuh langkah lebih lanjut," terangnya melalui video conference, Jumat (20/3/2020).

Perry menjelaskan, tujuan penurunan suku bunga acuan itu agar meringankan bagi dunia usaha dan masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan dari perbankan.

Namun stimulus ini tentu akan percuma jika tidak diikuti oleh perbankan. Oleh karena itu BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mendorong para bank untuk menurunkan bunga kreditnya.

"Bersama Pak Ketua OJK kami mendorong kalangan perbankan untuk menurunkan suku bunga khususnya suku bunga kredit, sehingga bisa mendorong perekonomian lebih lanjut. Itu pertama," tambahnya.

Tak hanya suku bunga acuan, BI juga turunkan suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi 3,75% dan suku bunga lending facility sebesar 25 bps.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com