Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Mar 2020 15:50 WIB

Dolar AS Menjinak Hari Ini, BI: Kepanikan Mulai Turun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kurs Dolar Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Dolar AS sore ini tercatat Rp 16.436 atau menguat dibandingkan kemarin yang berada di level Rp 16.550. Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) dolar AS tercatat Rp 16.486.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan perkembangan nilai tukar rupiah hari ini cukup stabil.

"Hari ini nilai tukar cukup stabil. Kami juga melihat bid dan over atau permintaan serta penawaran berjalan baik di pasar valas," kata Perry dalam video conference di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Dia juga berterima kasih kepada para eksportir yang telah membantu memasok dolar AS ke pasar valas. Sehingga membuat nilai tukar rupiah bergerak stabil di pasar valas.



Perry menyebut, BI akan terus berada di pasar untuk memantau dan melakukan intervensi stabilisasi nilai tukar yang diperlukan. Baik melalui tunai, spot atau domestic non deliverable forward (DNDF) maupun pembelian surat berharga negara (SBN) di pasar sekunder.

Saat ini BI sudah membeli kembali SBN yang dilepas oleh asing di pasar sekunder sebesar Rp 168,2 triliun.

"Kami dari BI melakukan pembelian dalam rangka menstabilkan nilai tukar Rupiah, tidak hanya memasok valasnya tapi kami juga membeli SBN dari pasar sekunder," jelas dia.

Perry memastikan jika cadangan devisa Indonesia masih lebih dari cukup untuk melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah. BI juga terus berkoordinasi dengan pemerintah bagaimana ke depan agar menjaga kecukupan cadangan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah.

"Kepanikan di dunia sudah mulai turun meskipun masih tinggi. Kami akan pantau terus," jelasnya.



Simak Video "Rupiah Keok Dihajar Dolar AS, Tembus Rp 14.500"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com