Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 05 Apr 2020 07:30 WIB

Terpopuler Sepekan

Fakta Seputar 'Libur' Nyicil Kredit Gegara Corona

Anisa Indraini - detikFinance
Fokus Bunga Kredit Turun Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta -

Para perusahaan leasing yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait tata cara untuk mengajukan keringanan cicilan.

Keringanan berupa 'libur' bayar cicilan ini diberikan dalam bentuk perpanjangan waktu, penundaan sebagian pembayaran dan/atau jenis restrukturisasi lainnya yang bersifat sementara. Jadi, bukan berarti libur nyicil ini berlaku selamanya, karena kewajiban tetap harus dilunasi alias diselesaikan. Untuk sementara boleh libur nyicil, nanti tetap harus bereskan cicilan.

Melansir keterangan resmi APPI, dijelaskan pengumuman berisi 10 poin. Salah satu poin menjelaskan tentang tata cara pengajuan restrukturisasi bagi nasabah atau debitur yang berlaku sejak 30 Maret 2020.

Pertama, pengajuan permohonan restrukturisasi dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir yang dapat di-download dari website resmi perusahaan pembiayaan.

Kemudian untuk formulirnya sendiri bisa diambil melalui email. Artinya nasabah diimbau untuk tidak mendatangi kantor pembiayaan. Kemudian persetujuan permohonan restrukturisasi (keringanan) akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email.

Berikut 10 poin lengkap APPI terkait restrukturisasi pembiayaan debitur yang terdampak wabah virus corona.

1. Kami memahami bahwa penyebaran wabah virus corona (COVID-19) berdampak terhadap perekonomian nasional yang juga dapat mempengaruhi kondisi keuangan Bapak/Ibu saat ini. Sebagai bentuk kepedulian kami atas wabah yang terjadi dan sejalan dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kami dari APPI bersama-sama dengan seluruh anggota perusahaan pembiayaan menawarkan restrukturisasi (keringanan) kepada Bapak/Ibu yang mengalami kesulitan keuangan sebagai akibat penyebaran virus corona.

2. Adapun jenis restrukturisasi (keringanan) yang dapat ditawarkan antara lain:
a. Perpanjangan jangka waktu;
b. Penundaan sebagian pembayaran; dan/atau
c. Jenis restrukturisasi (keringanan) lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com