Jerit Pegawai Leasing Dihantam Corona: Waswas Dirumahkan hingga PHK

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 11 Apr 2020 17:35 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Jakarta -

Tak hanya pedagang kecil yang tertekan digempur virus Corona, karyawan di perusahaan besar juga banyak yang merasa waswas, mulai dari terancam tak menerima THR, pemotongan gaji, hingga dirumahkan tanpa digaji.

Pukulan semacam ini salah satunya telah dirasakan oleh beberapa karyawan leasing ternama di Indonesia. Seperti yang dialami Musliandi misalnya, ia mengaku rekan kerjanya sebagian sudah dirumahkan. Bila wabah takusai dalam tiga bulan ke depan, dirinya dan sebagian besar karyawan lainnya juga terancam hal yang sama.

"Ada beberapa karyawan yang sudah dirumahkan, karena status mereka kontrak, saya sedih dengan semua itu dan kabarnya selama tiga bulan ke depan kalo wabah ini nggak selesai, nasib saya sama dengan teman-teman yang dirumahkan tadi," ucap Musliandi kepada detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Saat ini, dirinya mengaku sudah tak lagi menerima bonus bahkan terancam juga tak mendapat THR. "Bonus nggak keluar, terus THR juga kabarnya tidak ada," sambungnya.

Ada lagi, Nurwanti dan suaminya dari Bandung. Nurwanti bekerja di perusahaan tekstil dan mengaku sudah dirumahkan sejak dua minggu lalu dan masih tak mendapat kejelasan apakah perusahaannya tetap membayar gaji kepada pegawai yang dirumahkan atau tidak.

"Sudah dua minggu saya diliburkan, tapi selama dua minggu itu saya nggak tahu entah libur saya itu dibayar sebesar 25% dari gaji saya atau tidak karena kebanyakan pabrik meliburkan karyawan tapi tidak membayarnya," kata Nurwanti.

Klik halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]