Asyik! Nasabah Bank dan Leasing Juga Dapat Subsidi Bunga

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 22 Apr 2020 14:26 WIB
kredit
Foto: shutterstock
Jakarta -

Selain memberikan stimulus bantuan keringanan cicilan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR), pemerintah juga akan memberikan fasilitas keringanan pembayaran bunga kepada nasabah-nasabah kecil untuk usaha, baik di perbankan maupun perusahaan pembiayaan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, relaksasi itu masih dalam proses pembahasan bersama dengan Kemenko Perekonomian, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Jadi yang akan difinalkan adalah kredit kecil yang ada di perbankan yang hampir sama (pinjamannya) dengan KUR. Mereka tidak mendapatkan KUR tapi mereka pinjam termasuk dari lembaga pembiayaan," tuturnya saat konferensi pers virtual, Rabu (22/4/2020).

Nasabah perbankan yang dimaksud merupakan nasabah yang UKM yang meminjam hingga di bawah Rp 500 juta. Mereka dianggap memiliki beban yang sama meskipun bukan nasabah KUR.

Untuk leasing sendiri, Sri Mulyani mencontohkan seperti nasabah yang membeli motor secara kredit untuk keperluan usaha seperti ojek. Mereka juga akan didorong mendapatkan stimulus yang sama dengan nasabah KUR.

Nasabah KUR sendiri akan mendapatkan relaksasi penundaan pembayaran pokok selama 6 bulan. Kemudian selama 3 bulan bunga KUR akan ditanggung penuh pemerintah, 3 bulan berikutnya 50% bunganya yang ditanggung pemerintah.

Sementara untuk nasabah perbankan dengan pinjaman Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar juga dipikirkan oleh pemerintah. Namun masih dalam pembahasan untuk menentukan bentuk restrukturisasinya.

"Untuk di atas Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar seperti diumumkan OJK kami masih dalam proses pembicaraan. Kalau sudah selesai akan diumumkan prosedur dan mekanismenya," tutupnya.



Simak Video "Jokowi Ingin Ada Bantuan ke Usaha Mikro hingga Sektor Informal"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)