Bunga Acuan BI Sudah Turun, Bunga Bank Kapan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 29 Apr 2020 15:10 WIB
Bank Indonesia pangkas suku bunga acuan jadi 4,75%
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) telah menurunkan suku bunga acuan hingga ke level 4,5%. Angka ini terus menurun sejak periode November 2018 yang sebesar 6%.

Dengan penurunan bunga acuan ini, akan mempengaruhi suku bunga yang ada di perbankan mulai dari deposito hingga ke bunga kredit.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan saat ini suku bunga deposito perlu diturunkan. "Tapi yang ingin saya sampaikan, saat ini dibutuhkan transmisi kualitas ke bunga bank," kata Perry dalam video conference di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Dia mengungkapkan, likuiditas saat ini sangat dibutuhkan oleh perbankan dan dunia usaha. Menurut Perry quantitative easing yang dilakukan BI sudah lebih dari cukup.

Dia menjelaskan restrukturisasi kredit yang dilakukan oleh bank terhadap nasabahnya juga membutuhkan likuiditas yang cukup.

Berdasarkan data BI kredit perbankan pada Februari 2020 tercatat Rp 5.544 triliun tumbuh 5,5% lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya 5,7%. Perlambatan penyaluran kredit terjadi baik pada debitur korporasi maupun perorangan.

Suku bunga kredit pada Februari 2020 tercatat 10,42% turun 5 basis poin dibandingkan periode Januari 2020 sebesar 10,47%. Penurunan ini seiring dengan penurunan suku bunga acuan BI 7 days reverse repo rate.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)